Rumah Yatim Dampingi Balita Penderita Hidrosefalus Jalani Pemeriksaan

Karina Miska Rudiansyah (2) penderita hidrosefalus yang ditandai dengan membesarnya lingkaran kepala, ditambah latar belakang keluarga yang tidak mampu. Hal itu membuat kedua orangtuanya tidak bisa berbuat banyak. Atas kondisi itu, Rumah Yatim Area Jawa Barat memberikan bantuan pengobatan, Kamis (1/8).

Pengobatan Karina didampingi oleh tim kesehatan Rumah Yatim, di Rumah Sakit Melinda 2, Kota Bandung. Ia menjalani serangkaian pemeriksaan dan konsultasi dengan Dokter Spesialis Bedah Saraf, Bilzardi Ferry Zulkifli. Adapun hasil diagnosa sementara pada konsultasi awal, bahwa Karina memang dinyatakan hidrosefalus, dengan ukuran lingkar kepala 54 cm, normal anak seusinya adalah 42 hingga 50 cm.

Oleh karena itu, kata salah satu tim kesehatan Rumah Yatim, Zulfa, untuk memastikan hal itu benar-benar hidrosefalus, maka dokter melakukan tindakan CT Scan penunjang, cek darah, dan rontgen. Setelah itu, dilanjutkan dengan konsultasi kepada dokter anak pada Jumat (2/8).

“Nanti untuk hasil CT Scannya diserahkan besok ke dokter Bilzardi, apabila ditemukan diagnosanya benar hidrosefalus, dan hasilnya memungkinkan dan sehat, maka mau dilakukan operasi pemasangan selang, VP Shunt,” ungkapnya.

Ia menambahkan, rangkaian pemeriksaan lainnya akan dilanjutkan pada Jumat (2/8), kepada dokter anak, dan hasil CT Scan penunjang akan dikonsultasikan dengan dokter spesialis bedah saraf.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend