Rumah Yatim Lakukan Assessment pada Cleaning Service Lansia

Sudah beberapa tahun ini, Sodikin memiliki pendengaran yang kurang. Hal itu dikarenakan faktor usia yang sudah lanjut. Sehari-hari, ia bekerja sebagai cleaning service di SDN Panghegar. Pihak sekolah mengaku tidak bisa memberi bantuan dari segi materi. Namun sekolah hanya bisa memberi pekerjaan untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

Melihat hal itu, Kamis (14/3) lalu, tim Rumah Yatim Area Jawa Barat mendatangi SDN Panghegar, di Jalan Pamekar Raya V, Panyileukan, Kota Bandung. Kunjungan ini untuk bersilaturahmi sekaligus assessment kondisi Sodikin, cleaning service lansia.

Berdasarkan informasi yang diperoleh tim Rumah Yatim, Sodikin telah lama menjadi cleaning service sekolah. Menurut pantauan salah satu relawan, Rini, informasi terkait Ikin -sapaan akrabnya bahwa ia tinggal di sekitar lingkungan sekolah. Lalu diberi pekerjaan oleh pihak sekolah untuk membersihkan lingkungan.

“Sebelumnya dari donatur kita bilang, ‘bisa gak bantu pak Ikin?’. Awalnya niat untuk silaturahmi kesana sama ngasih bingkisan. Terus kita cek, ternyata kondisinya memang benar, dia butuh alat bantu dengar,” jelasnya.

Seperti yang diketahuinya, setiap Jumat, sekolah tersebut sering mengadakan program sedekah Jumat. Setiap siswa menyisihkan sebagian uang sakunya untuk sekadar membantu Ikin memenuhi kebutuhan makannya sehari-hari. Bukan hanya kepada dia, siswa SDN Panghegar juga sering menyisihkan uangnya lalu dikumpulkan dan diserahkan kepada Rumah Yatim Cabang Antapani.

Rencanany, tim Rumah Yatim akan menindak lanjuti terkait kondisi Ikin, lansia berusia sekitar 70a tahun itu, dengan pemberian alat bantu dengar. Pihak sekolah mengaku tidak bisa membantu secara materi, namun setidaknya dengan alat bantu dengar itu, pendengaranya bisa kembali normal.

“Untuk pak Ikin insya Allah akan kita bantu alat dengarnya, sebetulnya sekolah belum bisa ngebantu dari segi materi, setidaknya dengan adanya bantuan alat dengar insya Allah membantu pekerjaannya,” ungkap Rini.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend