Rumah Yatim Resmikan Kampung Perubahan Kedua di Pandeglang

Program kampung perubahan menjadi motor penggerak yang coba diterapkan Rumah Yatim Regional Jabodetabek. Setelah Kampung Ciapus Cai di Kabupaten Lebak, Rumah Yatim resmikan pula Kampung Beungbeu, Desa Karyasari, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang, Kamis (9/8), sebagai kampung perubahan binaan Rumah Yatim.

Penerapan program kampung perubahan diharapkan bisa meningkatkan kondisi ekonomi maupun sosial masyarakat sekitar. Pembukaan secara resmi juga dilakukan oleh Kepala Desa Karyasari, Epen. Pembukaan sendiri dilaksanakan secara sederhana tanpa ada kegiatan yang mewah. Ke depannya, Kampung Beungbeu menjadi binaan Rumah Yatim Regional Jabodetabek.

“Ceremonial yang dilakukan sangat sederhana, tidak ada kegiatan yang besar. Hanya pemasangan plang nama penanda kampung perubahan,” tutur Muslihudi, Kasie Pendayagunaan Rumah Yatim Regional Jabodetabek, Kamis (9/8) malam.

Ia mengatakan, kegiatan ceremonial tersebut juga turut dihadiri oleh jajaran aparatur pemerintahan setempat. Dukungan dan respon positif juga ditunjukan oleh kepala desa. Bahkan, kata Muslihudin, program yang direalisasikan Rumah Yatim bisa mendongkrang kesejahteraan masyarakat.

Kampung Beungbeu sendiri merupakan daerah yang saat ini dihuni kurang lebih 100 kepala keluarga. Seluruh warganya saat ini mayoritas bekerja sebagai petani dan buruh serabutan. Diharapkan program kampung perubahan bisa menjadi motor penggerak ke arah positif bagi masyarakat.

“Harapan ke depannya ada perubahan di berbagai bidang. Harus memberikan dampak positif,” ujarnya.

Sejumlah program yang akan menopang kampung perubahan tersebut meliputi bantuan kesehatan, ekonomi, agama, pendidikan, dan lainnya. Dalam waktu dekat ini, menindaklanjuti pembukaan tersebut Rumah Yatim Regional Jabodetabek salurkan bantuan renovasi masjid, sembako, dan bazar gratis bagi masyarakat.

“Bantuan juga bisa meliputi penyuluhan dan edukasi bagi masyarakat,” tutup Muslihudin.

 

Reporter: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend