Rumah Yatim Salurkan Bantuan Bagi Korban Gempa di Petobo

Minimnya pasokan bantuan yang masuk ke ratusan titik pengungsian di wilayah Sigi dan sekitarnya, membuat Rumah Yatim tergerak kembali menyalurkan bantuan peduli bencana kepada ratusan korban gempa dan tsunami di Kampung Petobo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Selasa (9/10).

Relawan Rumah Yatim, Dadan Rusmana menyebutkan, sebanyak kurang lebih 125 kepala keluarga telah menerima bantuan tersebut. Adapun bantuan yang diberikan berupa bahan pangan untuk bantu memenuhi kebutuhan para pengungsi yang sedang dilanda krisis pangan, air bersih dan logistik lainnya.

Dalam penyaluran ini, kata dia, dibantu oleh para relawan yang sekaligus menjadi korban gempa dan tsunami. Menurutnya, masyarakat sangat bersyukur atas datangnya bantuan ini. Karena bantuan yang masuk ke posko pengungsian tersebut sangat minim. Akses jalan yang sulit membuat pasokan bantuan sulit disalurkan.

“Akses jalan ke sana hancur, jadi kita tetap memaksakan kesana untuk memastikan supaya mereka benar-benar menerima bantuan ini,” ungkapnya, Rabu (10/10).

Kondisi terkini pengungsian tersebut menurut pantauannya, masyarakat mulai terserang penyakit kulit. Wilayah yang tandus dan berdebu, membuat sebagian warga terserang penyakit pernapasan, terutama bayi dan lansia. Selain itu, banyak pula warga yang memiliki luka berat maupun ringan akibat dari tertimbun reruntuhan saat gempa terjadi.

Ia berharap, segera ada pembenahan dari pemerintah setempat, karena tenda yang digunakan sebagai tempat tinggal yang dihuni ratusan warga sangat tidak layak dan masyarakat hanya menempati seadanya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend