Tim Medis Rumah Yatim Dampingi Balita Hidrosefalus Jalani Pemeriksaan

Ayu, balita berusia dua bulan divonis mengidap penyakit hidrosefalus sejak usia dua minggu. Tim kesehatan Rumah Yatim mendampingi bayi mungil tersebut untuk menjalani serangkaian pemeriksaan dan konsultasi di Rumah Sakit Hasan Sadikin, Kota Bandung, Kamis (4/4). Dalam hal ini Rumah Yatim memberikan bantuan biaya pengobatan kepada penderita hidrosefalus tersebut.

“Hari ini tim kesehatan Rumah Yatim mendampingi Ayu untuk konsultasi di RSHS spesialis bedah syaraf, yaitu dokter Mirna Sobana untuk mengetahui tindakan selanjutnya terkait pengobatan,” jelas Zulfa, salah seorang tim kesehatan Rumah Yatim.

Berdasarkan hasil pemeriksaan hari ini dari dokter spesialis bedah syaraf, melalui tim kesehatan Rumah Yatim memaparkan, bahwa tindakan selanjutnya akan dilakukan operasi pemasangan selang (VP Shunt). Serta akan menjalani serangkaian pemeriksaan lainnya salah satunya CT Scan.

Selanjutnya, dikarenakan Ayu sedang dalam kondisi tidak sehat serta terlihat sesak nafas penuh lendir maka. Dokter menyarankan untuk mengobatinya terlebih dahulu ke dokter spesialis anak di bidang paru, sebelum melakukan operasi. Rencananya tim kesehatan akan mendampingi kembali bayi tersebut untuk menlanjutkan pemeriksaan di Rumah Sakit khusus Paru Rotinsulu, Ciumbuleuit, Kota Bandung.

Seperti yang diketahuinya, bayi mungil asal Kampung Bojong Gandasari, Desa Ciawi, Kecamatan Karang Nunggal, Kecamatan Tasikmalaya itu, sebelumnya tidak ada riwayat penyakit apapun sejak dalam kandungan atau setelah lahir. Namun ketika berusia dua minggu terlihat rewel dan tidak mau menyusui. Kemudian setelah konsultasi ke dokter anak, bahwa harus dilakukan tindakan operasi.

“Waktu itu kepalanya terasa lembek. Dalam waktu satu bulan kepalanya nambah membesar sampai sekarang. Saat ini Ayu sedang membutuhkan uluran tangan kita semua, untuk membantu memenuhi kebutuhan pengobatan serta operasinya. Mohon doa dan dukungannya,” paparnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend