Tim Relawan Rumah Yatim Jabar Terjun Langsung Bersihkan Lumpur dan Puing-puing Pasca Banjir di Ciwalen Garut

Tim relawan Rumah Yatim area Jawa Barat terjun langsung membantu membersihkan lumpur dan puing-puing pasca banjir yang menerjang permukiman warga di Kelurahan Ciwalen, kecamatan Garut Kota, Garut, Minggu (17/7).

Lokasi tersebut merupakan salah satu titik terparah dalam musibah banjir yang terjadi di 8 Kecamatan Garut pada Sabtu (16/7) kemarin.

Menurut salah satu relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Weli Susanto, kondisi terkini pasca banjir cukup memprihatinkan. Perabotan rumah tangga, alat elektronik, dan pakaian warga yang terbawa arus banjir masih menumpuk di ruas jalan maupun rumah warga.

“Warga masih bersih bersih karena sisa banjir cukup tebal lumpurnya,” tuturnya.

Ia menjelaskan, dirinya dan tim ikut serta dalam aksi nyata bersih-bersih bersama warga sekitar. Menurut dia, kondisi lumpur dan genangan air masih ada walaupun ketinggiannya tidak separah kemarin. Karena, kata Weli, di lokasi ini pada saat banjir ketinggian air mencapai dada orang dewasa.

“Disini termasuk lokasi terparah, banjirnya datang sangat cepat, sampai warga pun tidak sempat menyelamatkan barang berharga. Hanya pakaian yang dipakai yang mereka miliki sekarang,” paparnya.

Ia menambahkan, keikut sertaan tim relawan Rumah Yatim diharapkan bisa meringankan duka mereka, serta bisa mempercepat proses bersih-bersih. Agar aktivitas warga sekitar bisa kembali normal. Karena, menurut informasi yang didapatkan, jumlah sumber daya manusia (SDM) masih sangat dibutuhkan.

“Mudah mudahan apa yang kami lakukan bisa membantu warga, karena saya lihat masih butuh orang untuk kegiatan ini,” tutupnya.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend