Virus Corona Semakin Mewabah, Bantuan Biaya Hidup Disalurkan Di Surabaya

Virus Corona Semakin Mewabah, Bantuan Biaya Hidup Disalurkan Di Surabaya

Provinsi Jawa Timur merupakan termasuk salah satu provinsi tertinggi angka kasus Covid-19 di Indonesia. Tentu banyak sekali masyarakat yang terdampak akibat virus corona. Salah satunya lansia yang tinggal di Kota Surabaya. Keterbatasan fisik dan juga mobilitas serta dampak bagi keluraganya sangat dirasakan oleh lansia di wilayah tersebut.

Melihat kondisi tersebut, bantuan biaya hidup kembali disalurkan Rumah Yatim Cabang Surabaya untuk puluhan lansia prasejahtera. Kali ini bantuan tersebut disalurkan di lingkungan Dinoyo Tenun RT 6 RW 3, Keputran, Kecamatan Tegal Sari, Surabaya, Minggu (12/7).

Kepala Cabang Rumah Yatim Surabaya, Agus Muhammad Yusuf menuturkan, penerima manfaat merupakan lansia yang sudah lemah, baik secara ekonomi maupun fisiknya. Bahkan diantara mereka banyak yang hanya tinggal sendiri karena sang suami sudah meninggal dunia.

“Mereka tinggal di gang-gang dan rumahnya kumuh, satu rumah itu dihuni sama beberapa keluarga, di sekat-sekat, mereka ngontrak,” kata Agus.

Para janda dan lansi tersebut, sebagian besar sudah tidak mampu untuk bekerja karena keterbatasan fisik yang sudah sangat lemah. Sehingga untuk memenuhi makan dan kebutuhan sehari-hari mereka dibantu oleh pemerintah setempat. Jika ada, sambung dia, keluarga lansia tersebut menjadi korban akibat pandemi Covid-19.

“Mereka hanya diam di rumah. Karena sudah tua sudah lemah, jadi mereka tidak bisa mengangkut yang berat-berat. Namun ada iuga dari mereka yang berjualan kecil-kecilan,” terangnya.

Program bantuan biaya hidup ini, kata dia, merupakan amanah dan titipan donatur untuk disalurkan kepada para mustahik. Tujuannya untuk meringankan beban hidup para lansia beberapa hari ke depan.

 

 

 

Penulis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend