Home / Rubrik / Berita

Tips Meraih Malam Lailatul Qadar, Salah Satunya Jalankan Sholat Subuh dan Isya Berjamaah

gambar-headline
Bandung Post Views: 1125

Bulan suci ramadhan adalah bulan yang sangat dinanti-nantikan atau ditunggu-tunggu oleh umat Islam karena banyak sekali rahmat dan pahala yang bisa didapat di bulan Ramadhan. 

 

Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana didalamnya terdapat peristiwa yang luar biasa, salah satunya adalah malam lailatul qadar. Secara bahasa, lailatul qadar berarti malam ketetapan. Menurut Dr Ahmad Thayyib (Grand Syekh Al Azhar) bahwa lailatul qadar dapat dimaknai dengan berbagai penafsiran, diantaranya sebagai malam yang dipenuhi dengan ampunan Allah SWT, pada malam ini amalan-amalan umat muslim diterima disisi-Nya, mereka dibebaskan dari api neraka, ibadah yang dilakukan pada malam tersebut lebih baik daripada ibadah selama seribu bulan, pada malam lailatul qadar para malaikat diperintahkan turun ke bumi untuk mengucapkan salam kepada orang-orang mukmin yang mau berpuasa dan memintakan ampunan kepada Allah SWT untuk mereka.

 

Sebenarnya belum ada yang mengetahui dengan pasti tentang ciri-ciri datangnya malam lailatul qadar. Hal itu ialah kehendak Allah SWT. Akan tetapi dalam beberapa hadist dijelaskan sebagian tanda-tanda yang terjadi apabila malam lailatul qadar datang.

 

Hadist mengenai malam Lailatul Qadar sendiri, Rasulullah SAW bersabda: “Carilah Lailatul qadar (di malam-malam  ganjil) pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan,” (H.R. Bukhari).

 

Dikutip dari buku Bunga Rampai Bincang Syariah karya Mohammad Hafid (2022:127), di bawah ini ialah beberapa tips memperoleh malam lailatul qadar yang dapat dilakukan umat muslim.

 

  1. Hadir Sholat Subuh dan Sholat Isya Berjamaah

 

Supaya kita bisa merasakan atau memperoleh malam lailatul qadar, kita dianjurkan untuk menghadiri sholat subuh dan sholat isya berjamaah. 

 

Hal ini juga berhubungan dengan perkataan Imam Malik dalam Al-Muwatha’, dimana Ibnu Musayyib mengatakan bahwa:

مَنْ شَهِدَ لَيْلَةَ القَدْرِ ـ يَعْنِي فِي جَمَاعَةٍ ـ فَقَدْ أَخَذَ بِحَظِّهِ مِنْهَا

 

Artinya, "Siapa yang menghadiri sholat berjamaah pada malam Lailatul qadar, maka ia telah mengambil bagian dari menghidupkan malam lailatul qadar tersebut."

 

  1. Membaca Alquran dan Berdzikir

 

Tips yang kedua termasuk amalan utama yang bisa kita lakukan saat malam lailatul qadar ialah dengan membaca Alquran dan dzikir. 

 

  1. Amalkan Doa Malam Lailatul Qadar

 

Aisyah ra pernah bertanya kepada Nabi Muhammad SAW yang dijelaskan dalam HR. Tirmidzi sebagai berikut.

أَرَأَيْتَ إِنْ عَلِمْتُ أَىُّ لَيْلَةٍ لَيْلَةُ الْقَدْرِ مَا أَقُولُ فِيهَا قَالَ قُولِى اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّى

 

Artinya, "'Jika saja ada suatu hari yang aku tahu bahwa malam tersebut adalah lailatul qadar, lantas apa doa yang mesti kuucapkan?' Jawab Rasul shallallahu ‘alaihi wa sallam, 'Berdoalah: ALLAHUMMA INNAKA ‘AFUWWUN TUHIBBUL ‘AFWA FA’FU’ANNI (Artinya: Ya Allah, Engkau Maha Memberikan Maaf dan Engkau suka memberikan maaf, menghapus kesalahan, karenanya maafkanlah aku, hapuslah dosa-dosaku)'."

 

  1. Sholat Dua Rakaat

 

Ketika malam lailatul qadar, umat Islam juga disunnahkan agar melakukan sholat dua rakaat. Dalam hal ini, sholat yang Anda kerjakan setara dengan 2 rakaat x 365 hari x 84 tahun.

 

  1. Melaksanakan Sholat Malam

 

Tips yang kelima ini ialah melaksanakan sholat malam, seperti yang dijelaskan HR. Bukhari bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda sebagai berikut.

مَنْ قَامَ لَيْلَةَ الْقَدْرِ إِيمَانًا وَاحْتِسَابًا غُفِرَ لَهُ مَا تَقَدَّمَ مِنْ ذَنْبِهِ

 

Artinya, "Barang siapa melaksanakan shalat pada malam lailatul qadar karena iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni."

 

Itulah beberapa tips agar mendapat malam lailatul qadar untuk umat Islam agar mendapatkan rahmat, pahala yang berlimpah, mendapat ampunan dosa oleh Allah SWT dan apa yang kita harapkan bisa terkabul.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 tahun yang lalu