Home / Rubrik / Berita

Isi Kegiatan Positif dengan Project Hydroponik Bersama Anak Asrama Rumah Yatim

gambar-headline
Bandung Post Views: 148

Tepat di Asrama Arcamanik Jl. Golf Timur No. 48 anak asrama Rumah Yatim melakukan kegiatan positif dengan project Hydroponik. Project ini merupakan salah satu program dari Program Yatimpreuneur yang dimana program tersebut mewadahi dan menstimulasi kemandirian anak asuh untuk bisa menjadi seorang wirausaha yang dimana nanti ketika anak sudah kuliah sudah mempunyai bekal untuk bisa membiayai hidup dikemudian hari.

 

Sejak Bulan Desember 2022, langkah awal mapping dan Observasi kesesuaian bahan baku air, sinar matahari dan penyesuaian jenis benih.

 

Baru di Bulan Januari Sudah mulai Buildup GreenHouse seluas kurang lebih 30 meter persegi dengan lubang tanam berjumlah 700 lubang media.

 

Anak-anak asrama Rumah Yatim diajarkan untuk yang pertama mengenal dan memahami apa itu Ilmu Hydroponik, fungsi dan tujuannya kemana, paham akan pertanian masa depan dengan media air, memahami berbagai macam benih, penyemaian, pembuatan media tanam,sirkulasi air, pengaplikasian jenis nutrisi atau pupuk mengendalikan hama, penyakit sayuran dan pengobatannya sampai dengan penjualan dan perhitungan neraca atau buku besar penjualan sayuran Hydroponik.

 

Anak-anak asrama yang mengikuti kegiatan ini ialah khusus yg di Arcamanik dengan rentang umur 10 tahun sampai dengan 17 tahun.

 

Kiki Supriatna sebagai Penanggung Jawab Program Pengembangan Potensi Anak menuturkan bawha anak-anak asrama Rumah Yatim merasa bangga dan bahagia karena merasakan bagaimana yang awalnya dari sebutir biji tumbuh menjadi sayuran yg sehat, hijau, rimbun dan enak. Jadi merasakan kepuasan melihat step by step proses pertumbuhan sampai panen.

 

"Harapannya anak terbekali berbagai macam kemampuan guna bekal nanti ketika sudah mandiri dan mesti bekerja secara sendiri berjuang untuk membuka lapangan kerja baru supaya dapat bermanfaat untuk sekitar," imbuhnya lagi.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 tahun yang lalu