Home / Rubrik / Berita

Menyikat Gigi Saat Berpuasa , Apakah Boleh ?

gambar-headline
Bandung Post Views: 295

Saat berpuasa bolehkan kita menggosok gigi ? Jawabannya adalah Boleh Dituturkan Muhammad Imam Subagja dalam salah satu tausiyahnya hukum menyikat gigi saat berpuasa adalah boleh karena tidak makruh secara mutlak, seperti halnya berkumur dan mencuci hidung saat wudhu.

Mayoritas ulama pun mengungkapkan bahwa sikat gigi tidak membatalkan puasa. Adapun, sikat gigi saat puasa dianjurkan untuk dilakukan pada pagi hari, yakni setelah makan sahur. Sebagai catatan, pendapat ini mengacu pada hadis yang dikeluarkan At-Tirmidzi dari Amir bin Rabi'ah yang pernah melihat Rasulullah SAW sikat gigi atau bersiwak dalam keadaan puasa.

Mengutip As-Sunnan wa al-Mubtada'at al-Muta'alliqah bi al-Adzkar wa ash-Shalawat karya Muhammad 'Abdus-salam Khadr Asy-Syaqiry, Ibnu Umar berkata, "Hendaklah bersiwak di awal atau akhir siang dan tidak menelan ludah,"

Waktu menyikat gigi saat puasa yang paling tepat adalah setelah santap sahur dan menjelang tidur di malam hari, sehingga dapat menjaga kesehatan mulut serta gigi pada saat berpuasa. Sikat gigi merupakan cara efektif mengatasi bau mulut atau menjaga kebersihan mulut sebab berguna untuk menghilangkan plak, mencegah sariawan, dapat menghilangkan bakteri yang dapat menyebabkan masalah bau mulut.


Author

img-author

Rizqi Astera Ayuningtyas

1 tahun yang lalu