Home / Rubrik / Berita

Manfaat Puasa bagi Kesehatan Tubuh, Mulai dari Kontrol Gula Darah hingga Cegah Kanker

gambar-headline
Bandung Post Views: 857

Umat Islam melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan di bulan Ramadhan. Puasa secara syari’at Islam memiliki arti menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkan mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari, dengan niat menjalankan ibadah puasa.

 

Ternyata puasa banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan, mulai dari mengontrol gula darah sampai dapat mencegah kanker.

 

Di bawah ini terdapat beberapa manfaat puasa bagi kesehatan tubuh, diantaranya ialah:

 

  1. Mengontrol Gula Darah

 

Banyak yang belum mengetahui jika puasa bisa membantu mengurangi resistensi terhadap insulin dan kadar gula darah berlebih. Hal tersebut bisa terjadi sebab insulin memiliki peran untuk mengontrol kadar gula darah dalam tubuh melalui cara membawa gula menuju sel tubuh yang kemudian menjadikannya sebagai sumber energi.

 

  1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

 

Ternyata berpuasa juga memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan jantung. Dengan kita mengubah pola makan dengan melakukan puasa dan mengubah gaya hidup, itu merupakan salah satu cara untuk kita bisa kurangi risiko penyakit jantung.

 

  1. Mengurangi Peradangan

 

Manfaat yang ketiga ini ialah puasa dapat mengurangi peradangan, ketika sistem imun tengah melawan infeksi, peradangan yang terjadi di tubuh merupakan hal yang wajar. namun, selain kita tidak merasa nyaman, peradangan yang terus berlanjut justru akan memicu pada penyakit lain. Dengan puasa kita dapat mengurangi radang pada tubuh.

 

  1. Membantu Menurunkan Berat Badan

 

Banyak orang yang berharap dengan puasa bisa menurunkan berat badan, harapan itu bisa saja terjadi. Puasa memiliki manfaat yaitu mampu meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin yang mampu meningkatkan penurunan berat badan.

 

  1. Meningkatkan Fungsi Otak

 

Terdapat banyak sekali manfaat puasa, bukan hanya menjaga kesehatan jantung, ternyata puasa juga dipercaya memiliki manfaat yang dapat meningkatkan fungsi otak.

 

  1. Mencegah Kanker

 

Siapa sangka dengan kita berpuasa mampu membantu sel tubuh membersihkan diri melalui proses yang disebut autofagi. Dengan proses tersebut puasa memberikan manfaat dapat mencegah kanker.

 

  1. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

 

Puasa bukan hanya bisa mencegah kanker, tetapi memiliki manfaat yang bisa meningkatkan hormon pertumbuhan. Salah satunya yaitu meningkatkan hormon pertumbuhan kekuatan otot.

 

Apabila dilihat dari segi kelebihannya, puasa mempunyai banyak sekali manfaat baik dari segi kesehatan fisik maupun psikologis. 

 

Menurut Putsanra (2017), ditinjau dari sisi kesehatan fisik puasa mempunyai beberapa manfaat di antaranya, ialah meningkatkan hormon pertumbuhan manusia, membakar lemak dalam tubuh, meningkatkan fungsi otak, mengatasi resistensi insulin, mengurangi tekanan darah, mengatur trigliserida, mengurangi risiko penuaan dan penyakit berbahaya.

 

Bukan hanya dari sisi kesehatan, puasa juga mempunyai manfaat dari sisi psikologis. Rani (2015), puasa mampu mengubah pikiran menjadi tenang, damai, dan bahagia, mengurangi rasa takut dan agresif, puasa mampu mengurangi kecemasan dan depresi. Rahman (2018), menyebutkan manfaat puasa dari sisi psikologis yaitu puasa menumbuhkan rasa empati dan simpati, puasa mematangkan kecerdasan emosional, memberikan mood positif untuk yang menjalankannya.

 

Sumber: yankes.kemkes.go.id


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 tahun yang lalu