Home / Rubrik / Berita

Lailatul Qadar dan Segala Kebaikan yang Ada di Dalamnya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 53

Pada bulan Ramadan ada yang disebut dengan malam Lailatul Qadar di mana malam ini memiliki banyak kebaikan atau keistimewaan di dalamnya yang pastinya selalu dinantikan oleh seluruh umat Muslim di dunia. 

 

Malam Lailatul Qadar ini merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan bahkan sampai disebut sebagai malam yang lebih baik dari 1000 Bulan. Di dalam Al Qur'an juga tercantum bahwa malam Lailatul Qadar mempunyai banyak kebaikan. 

 

Lalu kapan datangnya malam Lailatul Qadar? 

Datangnya malam Lailatul Qadar tidak diketahui secara pastinya, walaupun begitu diyakini bahwa malam Lailatul Qadar ini datang di tanggal ganjil di 10 malam terakhir di bulan Ramadan. 

 

Imam Syafi'i menyatakan terdapat tanggal-tanggal ganjil di 10 hari terakhir Ramadan yang paling berpotensi datangnya Lailatul Qadar yaitu tanggal 21 dan 23 Ramadan, sedangkan kebanyakan ulama sepakat bahwa malam Lailatul Qadar datang pada tanggal 27 Ramadan. 

 

Terdapat juga riwayat yang lain yang mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar ini tidak menentu tanggalnya bisa berubah-ubah tanggalnya setiap tahun, bisa datang di tanggal 21, 23, 27 bahkan 29 Ramadan. 

 

Malam ini mengandung banyak kebaikan atau keistimewaan seperti yang tercantum dalam Quran Surah Al Qadr 1-5.

 

Artinya: "Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur'an) pada lailatulqadar. Tahukah kamu apakah Lailatulqadar itu? Lailatulqadar itu lebih baik daripada seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat dan Ruh (Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur semua urusan. Sejahteralah (malam) itu sampai terbit fajar." (QS Al-Qadr: 1-5).

 

Menurut surah Al Qadr tersebut, tertera bahwa keistimewaan lailatul qadar yaitu sebagai malam yang lebih baik dari 1000 bulan, malam turunnya para malaikat, malam yang penuh kesejahteraan sampai terbit fajar.

 

Lalu berikut ini kebaikan atau keistimewaan lain malam Lailatul Qadar yakni merupakan malam yang penuh dengan keberkahan, malam diturunkannya Al Qur'an, malam turunnya Malaikat Jibril, malam diampuni segala dosa, malam penuh keselamatan, malam pencatatan takdir tahunan, dan malam dikabulkannya doa-doa. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

4 minggu yang lalu