Home / Rubrik / Berita

Kakek Nawa Pencari Batu Kerikil di Sayur Matinggi Bersyukur Kembali Terima Bantuan Biaya Hidup dari Rumah Yatim Sumatera Utara

gambar-headline
Sumatera Utara Post Views: 4

Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara selalu berusaha untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dengan melaksanakan program kebaikan yang ada di Rumah Yatim. 

 

Pada Ahad, (21/04/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara telah sukses melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup secara langsung kepada kakek Nawa sebagai penerima manfaat. 

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara menyerahkan bantuan biaya hidup tersebut di kediamannya kakek Nawa yang beralamat di Desa Tolang Jae, Kecamatan Sayur Matinggi, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

 

Dengan jenis bantuan yang diberikan ialah berupa santunan uang tunai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari kakek dan istrinya. 

 

Kakek Nawa (68) adalah seorang lansia hebat yang bekerja sebagai pencari batu kerikil di sungai, sedangkan istrinya Murni (62) hanya sebagai buruh tani panggilan dengan upah tidak menentu. 

 

Dulu kakek bekerja sebagai buruh angkut kayu yang sangat berat. Oleh sebab itu saraf penglihatan kakek terganggu sampai 20 tahun belakangan ini, ia tidak bisa melihat sama sekali. 

 

Hanya dengan bantuan tongkat kakek berjalan menuju sungai untuk mencari batu kerikil, seringkali kakek terjatuh ketika mengambil batu kerikil. 

 

Kakek biasanya mengumpulkan batu dengan upah Rp20.000 per harinya, namun tidak setiap hari kakek mendapatkan upah itu, hanya apabila ada orang yang menyuruh kakek saja, lalu kakek pergi ke sungai. 

 

Upah itu digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Walaupun memang tidak mencukupi kakek nenek tidak pernah patah semangat dan mengeluh. 

 

Anak-anak kakek telah menikah dan tinggal jauh dari mereka saat ini kakek berharap di masa tuanya Kakek dan nenek bisa hidup yang layak. 

 

Atas diberikannya bantuan biaya hidup ini Kakek sangat terbantu sekali, sehingga kebutuhan sehari-hari kakek dan istrinya dapat terpenuhi. 

 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para donatur Rumah Yatim yang sudah mau dalam membantu saya, semoga selalu diberi kesehatan dan lapang rezekinya, Aamiin," ujar Kakek Nawa.

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi Kakek Nawa dan nenek, Aamiin.

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 minggu yang lalu