Home / Rubrik / Berita

Bolehkan Minum Rebusan Herbal Setiap Hari ?

gambar-headline
Bandung Post Views: 11

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA), salah satunya adalah tanaman herbal. Tanaman herbal banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk meningkatkan imun tubuh atau pengobatan suatu penyakit. Biasanya sebelum dikonsumsi, tanaman herbal direbus terlebih dahulu.

 

Meski demikian, konsumsi tanaman herbal harus sesuai dengan dosis dan cara yang tepat. Lalu, seberapa banyak rebusan herbal boleh dikonsumsi atau bolehkah minum setiap hari? Benarkah minum rebusan herbal berlebihan bisa menyebabkan gangguan sistem pencernaan atau gangguan organ lain?

 

Kementerian Kesehatan menyebutkan, pada dasarnya rebusan herbal boleh dikonsumsi setiap hari. Minum rebusan herbal setiap hari merupakan upaya untuk menjaga daya tahan tubuh agar virus tidak mudah menyerang, pemeliharaan kesehatan, pemulihan, kebugaran, bahkan kecantikan.

Bahkan, Kementerian Kesehatan pun mencanangkan program gerakan minum rebusan herbal guna mengajak masyarakat memanfaatkan tanaman herbal untuk meningkatkan kesehatannya.

Meski demikian, hindari konsumsi rebusan herbal yang berlebihan. Terutama jika kamu yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu sebelum minum air rebusan herbal.

 

Dilansir dari website kementerian Kesehatan, berikut manfaat air rebusan herbal sesuai dengan jenis bahannya yang sering digunakan :

 

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin yang bermanfaat untuk menyembuhkan peradangan kronis, nyeri, sindrom metabolik, dan kecemasan. Selain kandungan kurkumin, kunyit juga mengandung mineral penting seperti zat besi, kalsium dan kalium. Rempah-rempah ini juga kaya akan vitamin A dan C.

Meski kunyit aman dikonsumsi sebagai obat, penggunaannya yang berlebihan justru dapat menyebabkan diare, sakit kepala, atau iritasi kulit

 

2. Jahe

Jahe memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Aromanya yang sangat menyegarkan mampu mengurangi rasa mual ibu hamil di pagi hari. Manfaat lainnya yang bisa didapatkan adalah kehangatan saat meminum air jahe. Mengobati radang sendi, perut kembung, dan juga nyeri saat menstruasi. Meski demikian, penggunaannya yang berlebihan dapat memberi efek samping, seperti sakit perut atau mulas serta diare ringan.

 

3. Kencur

Kencur diyakini bisa mengobati penyakit tertentu karena memiliki manfaat untuk membantu mengobati infeksi, mengurangi peradangan, meningkatkan kesuburan pria, dan mengobati berbagai jenis kanker.

 

3. Temulawak

Temulawak bisa dimanfaatkan sebagai antibakteri karena kandungan xantorrhizol nya selain itu juga bisa untuk antiradang, antioksidan, mampu menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker, paling ampuh untuk melancarkan peredaran darah. Untuk anak yang tidak mau makan, bisa gunakan temulawak agar meningkatkan nafsu makan anak. Gangguan lain yang bisa diatasi temulawak antaranya sakit kandung empedu, masalah lambung, hati, dan banyak lagi.

 

4. Rebusan Herbal Kunyit Asam

Kunyit yang sudah dicampur asam akan memiliki kandungan penawar racun dan menetralisir racun yang mengendap di dalam tubuh. Membuangnya dalam bentuk urin dan keringat. Jamu kunyit asam juga mampu mengatasi pegal-pegal akibat kerja berat atau kecapekan.

 

5. Beras Kencur

Jamu beras kencur dipercaya mampu meredakan nyeri badan, kembung, dan rasa mual. Hampir sama seperti temulawak, jamu beras kencur juga mampu meningkatkan nafsu makan.

 

6. Rebusan herbal Brotowali

Meskipun rasanya cukup pahit, namun ternyata Brotowali banyak manfaatnya lho. Kandungan alkaloid barberin dan columbinanya mampu membunuh bakteri. Fakta sebenarnya rasa pahit yang didapat dari zat palmatin, kolulin, harsa, glikosida, dan juga zat pati inilah yang merangsang sistem pernafasan agar bisa bekerja dengan baik. 

 

7. Rebusan Cabe Puyang

Jamu jenis ini mampu mencegah pertumbuhan sel-sel kanker di dalam tubuh dan juga mampu mengatasi sakit gigi.  

 

Efek Samping Mengkonsumsi Jamu Berlebihan

Segala apapun jika berlebihan akan berakhir kurang baik begitu juga dengan mengkonsumsi jamu jika berlebihan juga akan berbahaya bagi tubuh, Mari kita lihat beberapa efek samping minum jamu berlebihan :

 

Efek jangka pendek

Meski baik, mengonsumsi bahan-bahan herbal yang berlebihan pasti akan mendapat efek samping. Misalnya jika dikonsumsi melebihi dosis yang seharusnya, efek jangka pendek yang akan ditimbulkan adalah gangguan pencernaan seperti diare dan muntah.

 

Efek jangka menengah

Selain efek dalam jangka pendek, ada juga efek jangka menengah yang akan ditimbulkan. Seperti gangguan fungsi liver, karena ketika jamu atau bahan herbal masuk ke dalam pencernaan, maka akan terjadi proses metabolisme di liver.

 

Efek jangka panjang

Kalau mengonsumsinya secara berlebihan, pekerjaan liver akan jadi berat dan tentunya akan terganggu. Sedangkan efek jangka panjang, bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Pengeluaran sisa-sisa metabolisme jamu tadi kan akan lewat urine. Ginjal yang harus bekerja keras, maka akan terganggu fungsinya jika dikonsumsi melebihi dosis.

Jika orang menganggap dengan mengonsumsi jamu atau bahan-bahan herbal tidak akan memberikan efek samping maka itu salah. Apapun jika dikonsumsi secara berlebihan pastinya akan memiliki efek samping.

 

Tips Aman Minum Rebusan Herbal Setiap Hari

Mengonsumsi air rebusan herbal setiap hari ternyata diperbolehkan, asal rebusannya itu tidak mengandung beragam zat kimia, pengawet, dan terbukti higienis. Bahkan, bila perlu, buatlah rebusan herbal itu sendiri.

 

Apabila menggunakan rebusan herbal yang dijual dalam bentuk kemasan, lebih baik kamu cari produk yang sudah teruji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan demikian, manfaat rebusan herbal sesungguhnya dapat terasa di tubuh.

Adapun bila ingin menggunakan air rebusan herbal untuk pengobatan penyakit tertentu, ada baiknya kamu konsultasikan langsung pada dokter agar kamu tahu jenis dan dosis rebusan herbal yang tepat.

 

Perlu diingat bahwa untuk kondisi kesehatan tertentu, rebusan herbal tidak dapat menggantikan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

Jadi sebelum rutin meminum air rebusan herbal, lebih baik kita cari tahu dulu dang jangan berlebihan !

 

 


Author

img-author

Sinta Guslia

1 minggu yang lalu