Ayu Jalani Pemeriksaan untuk Tindakan Fisioterapi

Ayu Jalani Pemeriksaan untuk Tindakan Fisioterapi

Ayu Dia Inara, bayi berusia sembilan bulan penderita hidrosepalus menjalani pemeriksaan untuk tindakan fisioterapi yang didampingi oleh tim kesehatan Rumah Yatim, pada Kamis (24/10) lalu. Pemeriksaan ini dilakukan di Rumah Sakit Melinda 2, Jalan Padjajaran, Kota Bandung. Tindakan fisioterapi ini dikonsultasikan terlebih dahulu kepada Dokter Saraf Anak, Dewi Hawani Adiwat.

“Untuk tindakan fisioterapi Ayu, kita konsultasi dulu ke Dokter Saraf Anak, karena ada keluhan, Ayu makannya sering tersedak. Hal itu diakibatkan karena efek otot di sekitaran mulut sampai ke tenggorokan ada masalah, jadinya makan gak lancar,” terang Zulfa, salah satu tim kesehatan Rumah Yatim.

Dari hasil pemeriksaan yang disampaikan oleh Dokter Saraf Anak, kondisi Ayu masih kurang dalam reflek penglihatan, sehingga tidak respon terhadap cahaya. Selain itu, otot-otot daerah mulut, perut dan kaki juga masih kaku. Oleh karena itu, dokter menyarankan fisioterapi dua bagian.

Pertama, terapi merefleksikan otot daerah mulut, tenggorokan hingga perut untuk pencernaan. Kedua, terapi daerah kaki dan tangan (ekstremitas) fisioterapi untuk motoriknya, agar tidak kaku. Kemudian, kata Dokter Saraf Anak, serangkaian fisioterapi tersebut harus dilakukan di Rumah Sakit Melinda selama satu pekan sekali, untuk menunjang perkembangan Ayu.

 

 
Jurnalis: Dila Nurfadila
Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend