Beasiswa Rumah Yatim untuk Rada dan Zahra, Yatim Bersaudara Asal Pekanbaru

Jumat (26/3) kemarin, Rumah Yatim Cabang Riau menyalurkan program bantuan beasiswa dhuafa kepada Rada (13) dan Zahra (6), di kediaman mereka Jalan Budi Suci, RT.02/RW.06, Kelurahan Tuah Negeri, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

Seharusnya kini Rada bersekolah di jenjang kelas 1 SMP, namun karena kondisi keluarganya, ia terpaksa putus sekolah sejak kelas 5 SD. Sedangkan Zahra, sang adik, kini belum bersekolah.

Sejak 5 tahun lalu, Rada dan Zahra telah tinggal bersama sang nenek yang telah berumur 54 tahun. Saat itu Ibunda Rada dan Zahra tengah sakit-sakitan dan hubungannya dengan sang ayah tidak harmonis, menyebabkan kedua bersaudara ini dititipkan di rumah nenek mereka.

2018 lalu, kabar duka datang dari ibunda mereka yang meninggal dunia karena sakit yang ia derita, bersamaan dengan kabar itu, sang ayah pun pergi meninggalkan mereka dan tak pernah kembali lagi, meninggalkan mereka yang masih membutuhkan kasih sayang dan dukungan orangtua.

Sang nenek kini seorang diri menafkahi mereka dengan bekerja sebagai pembuat batu bata. Namun, sang nenek tidak memiliki peralatan untuk membuat batu bata, jadi kerap kali ia ikut membantu warga lainnya atau diajak bekerja bersama.

“Kalau tidak ada yang buka lowongan atau tidak ada yang mengajak, ya saya tidak kerja”, ucap Nenek Rada dan Zahra.

Selain Rada dan Zahra ada 20 anak lainnya yang juga menerima bantuan pendidikan Rumah Yatim pada Jumat ini. Relawan Rumah Yatim, Rizky, menyampaikan, ia berharap bantuan ini dapat membawa dampak positif, karena anak-anak merupakan generasi penerus bangsa.

“Semoga mereka semakin semangat belajarnya dan juga bantuan ini menjadi berkah untuk kita semua”, tutup Rizky.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend