Demi Sesuap Nasi, Seorang Janda Jual Kain Batik Almarhum Suami

Salah seorang janda dan seorang anak laki-laki berusia tujuh tahun mendatangi kantor kas Rumah Yatim Cabang Tegal. Hal itu dilakukannya untuk menawarkan kain batik, hanya demi menyambung hidup. Melihat kondisi tersebut, Rumah Yatim Cabang Tegal membantu lewat program bantuan ibnu sabil.

Janda tersebut ialah Rahmawati Dewi (42), warga Kampung Margasari, Kecamatan Slawi, Kota Tegal. Kepada Rumah Yatim, ia menyampaikan bahwa ia tidak memiliki tempat tinggal yang permanen, karena telah diusir dari rumahnya. Kemudian oleh sanak keluarganya, rumah tersebut dijual. Saat ini, ia masih tinggal di rumah tetangganya di Margasari.

Terlalu lama tinggal di rumah tetangga, membuat ia merasa malu dan kebingungan bila meminta makan terus menerus. Akhirnya ia menjual kain batik milik almarhum suaminya, dengan harapan ada yang mau membeli hanya demi sesuap nasi. Anak pertamanya pergi tanpa kabar, sedangkan anak bungsunya memiliki keterbelakangan mental. Sehingga ia harus berjuang seorang diri agar bisa bertahan hidup.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala Cabang Tegal Jajang Khoeruman. Rahmawati datang ke Rumah Yatim hendak menawarkan kain batik. Meminta Jajang agar membeli kain tersebut untuk kebutuhan makan sehari-hari. Mendengar kisah pemaparan ibu dua anak itu, yang melatarbelakangi timbulnya rasa prihatin dan iba Rumah Yatim untuk memberi bantuan.

“Awalnya ibunya mau jual batik, minta dibeli buat makan. Kebetulan kita ada program bantuan ibnu sabil, kita kasih bantuan itu,” ungkapnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan mengagendakan tindakan survei untuk melihat secara langsung kondisinya, pada Sabtu (16/3) sore. Rumah Yatim Tegal juga akan berusaha membantu anakya untuk didaftarkan anak asuh nonmukim atau pemberian bantuan ATM Mustahik. “Mudah-mudahan bantuannya bermanfaat untuk dia, semoga dapat diberi kesabaran dan segera mendapat pekerjaan,” pungkas Jajang.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend