Hidup Tanpa Kedua Orangtua, Jamal Berjuang Jualan Palotan untuk Penuhi Kebutuhan Harian

Kisah perjuangan hidup dalam keterbatasan datang dari seorang anak tangguh bernama Jamal Abdun Nasyir, warga Kademangan, Kecamatan Bondowoso, Kota Bondowoso, Jawa Timur.

Diusianya yang masih sangat belia yakni 13 tahun, ia harus berjuang mencari nafkah agar bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dengan menggunakan sepedanya, Jamal berkeliling sejauh 3 KM untuk menjajakan Palotan (ketan) buatan neneknya.

Menurut penuturan salah satu relawan Rumah Yatim, Jamal tinggal bersama neneknya. Saat ini kondisi sang nenek sudah renta dan sakit-sakitan sehingga sudah tidak sanggup lagi jualan palotan keliling.

“Biasanya Jamal jualannya setelah pulang sekolah, jika lelah mengayuh sepeda, ia akan beristirahat di pom bensin sembari menjajakan jualannya. Dia anak yang pantang menyerah dan mandiri,” ujarnya.

Ia melanjutkan, jika sedang ramai pembeli, Jamal akan mendapat penghasilan sebanyak 20-30 ribu rupiah, jika sedang sepi tak jarang ia pulang dengan tangan kosong.

Diketahui, orangtua Jamal sudah bercerai ketika anak tangguh tersebut masih didalam kandungan, saat itu ayah Jamal memilih pergi entah kemana. Selang beberapa tahun setelah ditinggal pergi sang ayah, ibu Jamal pun melakukan hal serupa yakni pergi meninggalkan Jamal.

Meskipun tumbuh tanpa orangtua, Jamal tidak pernah haus akan kasih sayang. Sang nenek yang menjadi pengganti orangtuanya telah memberikan limpahan kasih sayang untuk cucunya, walaupun dalam kondisi terbatas secara ekonomi.

Merespon hal tersebut, Rumah Yatim cabang Jawa Timur melalui tim relawannya berkunjung ke kediaman Jamal dan nenekmua. Dalam kunjungannya, lembaga amil zakat nasional ini memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai dan bahan pokok.

“Bantuan ini merupakan wujud kepedulian dan kasih sayang Rumah Yatim dan para donatur kepada Jamal, mudah-mudahan bantuan ini bermanfaat dan berkah, juga bisa membantu memenuhi kebutuhan hidup mereka sampai beberapa bulan kedepan,” ujar salah satu relawan.

Ketika bantuan diberikan, Jamal terlihat sangat gembira. Tak lupa ia pun mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah memberikan bantuan ini.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend