Krisis Pangan, 100 Santri Yayasan Syekh Jaenudin Dapat Bantuan Sembako


Sebanyak 100 santri Yayasan Pondok Pesantren Syekh Jaenudin telah mendapat bantuan sembako yang disalurkan oleh Rumah Yatim Cabang Mataram, pada Jumat (23/8) lalu, di Dusun Lenggarsari, Desa Jenggala, Kabupaten Lombok Utara. Bantuan tersebut diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan pangan para santri.

Kepala Cabang Mataram, Amir Sumarna menuturkan, bantuan diserahkan kepada anak yatim di pesantren tersebut. Hal ini merupakan atas rekomendasi dari Baznas Kabupaten Lombok Utara. Karena kondisi pesantren yang tengah mengalami krisis pangan untuk memenuhi kebutuhan para santri.

Yayasan tersebut banyak menampung anak-anak yatim, oleh karena itu layak untuk dibantu. “Bahwa panti itu memang sedang membutuhkan pangan, karena santrinya banyak, sedangkan pangannya dalam kondisi morat marit. Sampai-sampai ketuanya itu mendatangi setiap lembaga untuk meminta bantuan bahkan pernah ke Rumah Yatim juga,” paparnya.

Menurut keterangan Amir, yayasan ini tidak memungut biaya sepeserpun dari para santri untuk operasional pesantren. Yayasan ini juga memiliki lahan persawahan sekitar satu hektar untuk kebutuhan makan santrinya. Namun kemarau yang berkepanjangan membuat lahan tersebut gagal panen dan tidak bisa ditanami tumbuhan apapun akibat kekeringan.

Oleh karena itu, saat kedatangan tim Rumah Yatim untuk membagikan bantuan sembako sangat disambut antusias oleh para santri. Amir berharap, bantuan ini dapat bermanfaat dan mengurangi beban pesantren yang tengah dilanda krisis pangan akibat kemarau panjang.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend