Laznas Rumah Yatim Jabodetabek Berbagi Berkah Ramadhan Dengan Penyandang Dissabilitas Di Kabupaten Tangerang.

Kayu Agung (8/4) Bulan kesembilan dalam kalender Islam, Ramadhan dianggap sebagai bulan suci oleh umat Islam karena merupakan bulan ketika Al-Qur’an, kitab sucinya, diturunkan kepada Nabi Muhammad. Ini dimaksudkan sebagai waktu untuk sejenak melambat dalam mengejar dunia dan lebih mendekatkan diri dalam hubungan spiritual. Salah satu caranya yaitu dengan menahan diri dari makan atau minum apa pun, bahkan air, dari fajar hingga matahari terbenam. Selain itu, Sholat malam bertambah di setiap Masjid dan banyak yang membacakan ayat suci Al-Qur’an secara keseluruhan sepanjang bulan. Di bulan ini setiap insan giat berbagi guna sempurnakan ibadah puasa ramadhannya.

Pada kesempatan kali ini Laznas Rumah Yatim Jabodetabek berbagi berkah Ramadhan dengan penyandang dissabilitas meskipun penyandang disabilitas intelektual maupun gangguan jiwa, selama ia tidak dalam kondisi normal atau memahami taklif ibadah yang dilakukan, maka ia tidak wajib berpuasa. Namun adalah suatu kewajiban bagi orang tua, pengasuh atau wali, yang juga menjadi hak bagi penyandang disabilitas intelektual maupun ODGJ untuk mendapatkan dukungan dan bimbingan untuk pelaksanaan ibadah puasa, sehingga meningkatkan kapasitas mereka secara sosial – karena puasa memiliki dimensi itu. Selain tidak wajib berpuasa, wali asuh dari penyandang disabilitas ini dapat membayarkan fidyah sebesar satu mud (sekitar 7 ons) tiap harinya. Penyandang disabilitasi intelektual yang berat dan tidak dapat memahami syarat dan rukun puasa dengan baik, meski telah dilakukan pembiasaan dan terapi, dapat digolongkan sebagai kalangan yang memiliki udzur yang tidak dapat dihilangkan.

Namun mereka tetap sambut Ramadhan dengan sukacita, para penyandang dissabilitas fisik tetap menjalankan puasa sebagaimana mestinya seperti individu normal lainnya, penyaluran kali ini dilakukan bersama salah satu mitra Laznas Rumah Yatim Jabodetabek ,Yayasan Sutan Albarka.

Terimakasih donatur sedekah anda hari ini penuhi nutrisi saudara kita para penyandang dissabilitas prasejahtera.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Send this to a friend