Lewat Program Infak Beras Santri, Rumah Yatim Bantu Penuhi Kebutuhan Pangan Para Santri di Ponpes Al Inayah

Sambutan hangat penuh kegembiraan begitu terasa saat tim relawan Rumah Yatim berkunjung ke Pondok Pesantren Al Inayah Kampung Cikeusik Utara Pandeglang, Banten, awal Mei lalu.

Di ponpes tersebut, Rumah Yatim mendistribusikan paket pangan berupa beras yang merupakan implementasi dari program infak beras santri.

Ali Ridwan salah satu relawan Rumah Yatim Jabodetabek, mengatakan, adanya distribusi bantuan ini merupakan ikhtiar bersama mendampingi para santri.

Ia berharap, bantuan tersebut bisa membantu memenuhi kebutuhan pangan santri sampai beberapa bulan kedepan, selain itu ia pun berharap bantuan ini bisa menambah semangat mereka dalam menuntut ilmu.

Ali Ridwan menuturkan, ada sebanyak 30 santri bermukim di ponpes Al Inayah, mayoritas mereka datang dari keluarga dengan kondisi menengah ke bawah serta yatim piatu.

Pihak pengurus ponpes tidak memungut biaya kepada para santri, untuk itu setiap kali mereka akan makan, salah satu santri disana akan berkeliling ke masing-masing kamar santri guna memungut beras. Ketika berkeliling ada beberapa santri yang tidak ikut patungan karena tidak memiliki beras.

Teman nasi yang dikonsumsi para santri pun sangat sederhana, yakni daun singkong yang mereka minta dari warga sekitar, jika persediaan beras yang mereka miliki sedikit, terpaksa mereka akan makan sedikit dan memperbanyak minum air putih agar bisa mengganjal perut kosong mereka.

“Kami sampaikan terima kasih kepada rekan-rekan dan juga seluruh dermawan yang sudah memberikan bantuan ini. Semoga Allah catat sebagai amal saleh,” ungkap Ustad Sutisna, pengurus ponpes Al Inayah.

About Author

Leave a Comment

Send this to a friend