Makan Bersama, Salah Satu Cara Rumah Yatim Gedongkuning Pererat Ukhuwah dengan Anak Asuh

Di Rumah Yatim Gedongkuning, kegiatan makan bersama merupakan salah satu kegiatan rutin bagi anak asuh dan para pengurus. Kegiatan ini dimanfaatkan sebagai momen mempererat ukhuwah dan sebagai momen diskusi ringan antar anak asuh dan pengurus.

Meskipun tidak setiap kali makan harus berkumpul, Saefudin selaku kepala asrama Rumah Yatim mengatakan setidaknya dalam sehari ada satu kali kegiatan makan bersama.

“Alhamdulillah kegiatan ini bisa berlangsung setiap hari, kali ini kami makan makanan khas kota Tegal yakni nasi adep-adep,” kata Saefudin.

Nasi adep-adep ini dibuat langsung oleh ibu asrama yang merupakan asli orang Tegal. Saefudin yang beberapa hari lalu baru pulang dari Tegal membawa oleh-oleh ikan asin dan terasi khas Tegal yang biasa digunakan untuk membuat nasi adep-adep.

“Anak asuh kan belum pernah nyobain nasi adep-adep, jadi sama umi dibuatkan, kebetulan bahannya kan ada semua di asrama,” ungkapnya.

Menu nasi adep-adep ini cukup sederhana, terdiri dari nasi yang disajikan dalam lambaran daun pisang, disertai urap, ikan asin goreng, telur dadar, otok-otok tempe, tempe goreng, tahu goreng, dan lalapan berupa mentimun, serta kacang panjang segar.

Perpaduan rasa manis, gurih, asin, serta pedas menjadikan anak asuh lahap memakannya. “Alhamdulillah anak-anak suka, nasi adep-adep nya dimakan sampai habis,” tambahnya.

Saefudin mengatakan jika usai makan bersama, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi ringan mengenai kegiatan anak asuh. Ia berharap kegiatan makan bersama ini bisa terus berlangsung, agar ukhuwah antara anak asuh dan anak asuh, juga ukhuwah antar anak asuh dan pengurus bisa terus terjalin dengan baik.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend