Nopa Miliki Semangat Belajar Tinggi Meski Hidup dalam Keterbatasan Ekonomi

Muhammad Nopansyah (11) mempunyai semangat belajar yang tinggi meski keadaan keluarga prasejahtera. Kelak, ia ingin menjadi seorang polisi. Hal itu ia lakukan demi membanggakan kedua orangtua serta negara.

Nopa- sapaan akrabnya, tinggal bersama sang ibunda beserta neneknya. Semenjak orangtuanya resmi bercerai enam tahun lalu, sang ayah pergi meninggalkannya. Oleh karenanya, sang ibulah yang menjadi tulang punggung keluarga.

Diketahui, sang ibu bekerja sebagai pelayan dan buruh cuci. Penghasilan yang didapat hanya 30 ribu rupiah perhari. “Pekerjaannya pun tidak menentu, kadang ada kadang tidak. Uang segitu mana cukup untuk memenuhi kebutuhan harian keluarga,” ujar Kepala Cabang Rumah Yatim Pontianak, Rohim.

Apalagi, kata dia, sang ibu harus merawat orangtuanya yang sedang sakit stroke dan sudah tidak bisa melihat lagi. Sehingga, sang ibu mencoba mencari pekerjaan sampingan dengan menjual isi ulang galon.

“Ya paling kalau dari isi galon itu hanya dapat 10 sampai 20 ribu rupiah perhari, masih tetap tidak cukup, sang ibu kadang suka kelimpungan mencari uang harus ke mana lagi,” ungkapnya.

Walau kondisi ekonomi begitu memprihatikankan, namun sang ibu bersyukur punya anak yang mau membantu dirinya. Nopa memang dikenal sebagai anak yang baik dan rajin.

Sebagai upaya mendukung pendidikan Nopa, Rumah Yatim Cabang Pontianak memberikan beasiswa dhuafa, pada Rabu (23/12) di Dusun Kawat RT 001 RW 001, Desa Kawat, Kecamatan Tayan Hilir, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Hal itu untuk membantu memenuhi kebutuhan pendidikannya.

“Lumayan untuk membeli perlengkapan sekolah atau kuota untuk belajar daring,” tutur Rohim. Sebab, Nopa tidak boleh patah semangat bahkan hingga putus sekolah.

Ia berharap, rezeki sang ibu selalu dilancarkan agar bisa terus mendukung Nopa hingga dewasa. “Mudah-mudahan beasiswa yang diberikan juga bermanfaat serta Nopa selalu menjadi anak yang sholeh,” harapnya.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend