Ratusan Petani di Gerbosari Terima Bantuan Paket Sembako dan Pakaian Layak

Sebanyak 300 paket Sembako disalurkan Rumah Yatim Cabang Yogyakarta bagi para mustahik, Kelurahan Gerbosari, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta, Jumat (11/9).

Penyaluran paket Sembako tersebut dilakukan di Dusun Keceme. Namun selain warga Dusun Keceme, ada juga warga dari Dusun Nglambor, dan Wonogiri yang juga menerima bantuan.

“Proses penyalurannya warga diberi jadwal. Per dusun dijadiin satu sesi. Mulai jam 8.00 WIB, dijeda jumatan, jam 14.00 WIB udah selesai. Kita tetap melaksanakan protokol kesehatan, cuci tangan, cek suhu, dan jaga jarak,” terang Relawan Rumah Yatim Cabang Yogyakarta, Sigit.

Lebih jauh Sigit menjelaskan, sasaran penerima paket Sembako adalah anak yatim, Lansia dan dhuafa. Penerima bantuan tersebut juga dipilih berdasarkan kriteria yang benar-benar membutuhkan.

“Di sana kan daerah pegunungan, itu kan di daerah tertinggi di barisan perbukitan Menoreh. Jadi warganya tidak ada yang mempunyai sawah,” jelasnya.

Diterangkan Sigit, mayoritas warga setempat hanya mengandalkan hasil bumi untuk dijual dan dibelikan beras. Meski bekerja sebagai petani, mereka hanya penggarap ladang dengan sistem tumpang sari atau satu lahan ditanami berbagai jenis tanaman.

“Sebenarnya komoditas utamanya kopi sama cengkeh, tapi karena musim sedang jelek, banyak yang hasil panennya menurun. Mereka juga menanam jahe, kunyit, dan sejenisnya,” tuturnya.

Selain menyalurkan paket Sembako, Rumah Yatim juga memberikan pakaian layak. Diharapkan, bantuan tersebut bisa menjadi pakaian ganti warga pergi ke ladang.

Jurnalis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend