Ratusan Warga Blukbuk Kunjungi Layanan Kesehatan Gratis Rumah Yatim


Rumah Yatim Regional Jabodetabek baru saja melaksanakan kegiatan layanan kesehatan gratis bagi ratusan masyarakat di Desa Blukbuk. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Pesantren Riyadul Chusna, Kampung Blukbuk, Desa Blukduk, Kronjo, Tangerang, Sabtu (27/7).

Relawan Rumah Yatim Jabodetabek, Ali Ridwan mengatakan, pemilihin lokasi tersebut dikarenakan jauhnya akses layanan kesehatan untuk warga. Setidaknya masyarakat harus menempuh jarak sekitar tujuh kilometer untuk ke layanan kesehatan terdekat. Itu pula, kata dia, masyarakat enggan karena sebagian besar merupakan masyarakat kurang mampu.

“Alhamdulillah acaranya sangat ramai bahkan hingga sore masih ada yang daftar,” papar Ali.

Ia mengungkapkan, layanan kesehatan gratis tersebut pada mulanya diperkirakan akan selesai siang hari. Namun, melihat kondisi masyarakat sangat antusias kegiatan tersebut berlangsung hingga pukul 15.00 waktu setempat. Total pasien yang terdaftar, kata dia, ada sekitar 210 orang.

Kegiatan layanan kesehatan gratis ini, tambah Ali, memang ditargetkan bagi kalangan kurang mampu. Khsuusnya, lansia yang memang dalam kondisi kurang sehat. Bahkan, sebagian di antaranya sudah sakit parah dan harus dikunjungi oleh tim kesehatan Rumah Yatim.

“Tidak semuanya bisa datang karena usia dan kondisi yang tidak memungkinkan, jadi kami berinisiatif untuk datang berkunjung,” jelasnya.

Namun demikian, kata Ali, layanan kesehatan gratis ini untuk menunjang kebutuhan sehari hari masyarakat. Karena dari hasil yang didapatkan mayoritas masyarkatnya mengidap darah tinggi dan penyakit lainnya. Harapannya, kegiatan ini bisa membantu memperlancar aktivitas sehari-hari.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend