Relawan Rumah Yatim Assessment dan Beri Bantuan Pangan Bagi Korban Banjir Imogiri

Intensitas hujan ringan hingga lebat terjadi sepanjang hari di Yogyakarta, pada Minggu (17/3). Hal itu menyebabkan bencana banjir di Kampung Kradenan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul. Hingga temuan tim relawan Rumah Yatim di lapangan, telah terjadi juga tanah longsor di daerah tersebut. Hingga saat ini, informasi yang dihimpun di lapangan pada Selasa (19/3), sebanyak 179 kepala keluarga di delapan RT terkena dampaknya.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, namun kerugian sangat dirasakan oleh ratusan warga. Selasa (19/3), tim relawan Rumah Yatim Yogyakarta melakukan assessment sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan pangan kepada ratusan korban banjir di Kecamatan Imogiri.

Kepala Cabang Yogyakarta Arifin menuturkan, kondisi terkini genangan banjir telah surut. Namun sisa-sisa lumpur di rumah warga masih menggumpal. Sedikit demi sedikit warga mulai membersihkan tanah lumpur yang ada di rumahnya. Kini sebagian besar masyarakat tinggal di tempat-tempat yang relaif aman.

“Sebagian ada yang tinggal di pengungsian, ada juga yang mengungsi di rumah saudaranya. Tapi warga mulai membersihkan lumpur-lumpur yang ada di rumahnya saat banjir kemarin,” jelasnya.

Bantuan pangan yang diserahkan ini, kata dia, untuk membantu memenuhi kebutuhan para korban di pengungsian, yang tengah membutuhkan bantuan. Adapun kebutuhan yang saat ini dibutuhkan berupa air mineral, pompa air, perlengkapan sekolah, selimut, alas tidur dan sembako.

Sedangkan, kendala yang dihadapi saat ini adalah air keruh dan listrik mati di pengungsian. Tindakan selanjutnya Rumah Yatim Yogyakarta akan segera kembali mendistribusikan sejumlah bantuan logistik untuk ratusan korban bencana banjir di Kecamatan Imogiri, Yogyakarta.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend