Relawan Rumah Yatim Bantu Warga Pajagalan Bersihkan Sisa Banjir

Relawan Rumah Yatim Bantu Warga Pajagalan Bersihkan Lumpur

Paca banjir yang menerjang Kampung Pajagalan, Desa Cipendeuy, Kabupaten Bandung Barat, kini menyisakan sejumlah permasalahan. Diantaranya sisa lumpur dan material rumah yang hanyut terbawa arus banjir masih menumpuk di sejumlah tempat. Akibat banjir ini pula puluhan rumah rusak serta puluhan keluarga harus mengungsi.

Menurut Relawan Rumah Yatim Area Jawa Barat, Solehudin, sebagian besar warga kini menempati fasilitas umum seperti musolah. Dari data yang didapatkan pula sebanyak 47 rumah mengalami rusak sedang dan 30 rumah rusak berat. Selain itu, 77 keluarga, 28 balita, serta 37 anak sekolah harus mengungsi.

“Masih banyak sisa lumpur dan warga mulai membersihkan rumahnya masing masing,” tutur Solehudin, Sabtu (4/1) saat melakukan bersih bersih di lokasi banjir Pajagalan.

Ia menjelaskan, tim Relawan Rumah Yatim Area Jawa Barat datang ke lokasi untuk membantu pemulihan kondisi warga. Salah satunya dengan ikut bersih bersih di sejumlah rumah milik warga. Selain itu, kata Solehudin, Rumah Yatim Jawa Barat pula akan menyalurkan sejumlah bantuan bagi para korban.

Bantuan yang akan disalurkan diantaranya ialah kebutuhan sembako, perlengkapan sekolah, dan perlengkapan bayi. Solehudin menambahkan, kondisi terkini di lokasi memang sudah surut. Namun, sisa banjir seperti lumpur mendominasi setiap sudut di Kampung Pajagalan.

“Tim ikut bersih bersih, semoga bisa segera pulih bagi para korban, dan bantuan juga sudah mulai berdatangan, termasuk dari kami (Rumah Yatim),” ungkapnya.

Penulis: Calam Rahmat
Redaktur: Dila Nurfadila

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend