Rumah Yatim Area Jabodetabek Bangunkan MCK Layak untuk Ponpes Awalul Huda

7 April lalu, Rumah Yatim Area Jabodetabek memberikan bantuan untuk pembangunan fasilitas MCK serta sumur untuk menyediakan air bersih bagi para santri Pondok Pesantren Awalul Huda, Desa Ciparahu, Kecamatan Cihara, Kabupaten Lebak, Banten.

Ponpes Awalul Huda baru berdiri 3 tahun lalu, namun sudah cukup banyak menampung santri. Sebanyak 50 santri dan santriwati kini mondok di Awalul Huda, jauh melebihi kapasitas bangunan pondok. Beberapa santri bahkan harus rela tidur di plafon dengan alas kayu karena keterbatasan tempat.

Selain keterbatasan tempat, para santri juga setiap harinya harus berjalan sejauh setengah kilometer menuju sungai untuk mengambil air bersih. Tak jarang mereka pun menuntaskan kebutuhan kebersihan mereka di sungai karena fasilitas MCK yang dimiliki pondok pesantren tak cukup menampung semua santri.

“Alhamdulillah kami bisa realisasikan bantuan untuk pembangunan MCK dan penyediaan air bersih”, terang Ali Ridwan, relawan Rumah Yatim.

Ali juga menyampaikan, pihak pesantren kesulitan menyediakan fasilitas yang lengkap untuk para santri karena para santri pun tak dipungut biaya sama sekali. Kebanyakan santri berasal dari keluarga dhuafa, orang tua mereka memasukan mereka ke pesantren dengan tujuan untuk mengurangi pengeluaran tapi tetap memberikan pendidikan kepada anak.

“Para santri disini juga banyak yang berprestasi di sekolahnya, ada yang selalu juara kelas tiap tahunnya”, lanjut Ali.

Ali berharap kedepannya para santri bisa nyaman untuk tinggal dan menuntut ilmu agama di pesantren.

“Semoga mereka juga bisa menggapai cita-cita mereka”, tutup Ali.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend