Rumah Yatim Bantu Dua Keluarga Dhuafa Korban Kekerasan Rumah tangga

Permasalahan ekonomi yang terjadi pada masyarakat prasejahtera seringkali berujung pada kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Oleh karena itu, Rumah Yatim Cabang Tegal menyalurkan santunan biaya hidup kepada dua keluarga dhuafa yang merupakan korban KDRT akibat permasalahan ekonomi, Selasa (12/2) lalu.

Berlokasi di Jalan Arjuna, No. 5 RT 01 RW 01, Kelurahan Slerok, Kecamatan Tegal Timur, Kota Tegal, Jawa Tengah, Kepala Cabang Tegal Jajang Khoeruman menuturkan, pemberian santunan ini merupakan informasi dari Kementerian Sosial Kota Tegal. Hal ini dilakukan agar bisa membantu keluarga yang memiliki riwayat kekerasan dalam rumah tangga, terutama membantu menangani permasalahan ekonomi mereka.

“Kita survei ke sana nanya-nanya ke ibunya, ternyata memang benar mereka sekeluarga diusir sama ayah sekaligus suaminya karena masalah ekonomi. Kita beri bantuan biaya hidup supaya menguatkan keluarga mereka,” paparnya.

Kepada tim Rumah Yatim, salah seorang anak dari keluarga dhuafa ini pernah mendapat perlakukan kasar dari sang ayah. Ia merengek minta dibelikan buku catatan sekolah, namun hal itu tidak dipenuhi karena sedang dalam kondisi minim biaya. Sang anak terus merengek, sehingga terjadi pemukulan dari sang ayah kepada anaknya.

Kendati demikian, ia berharap kekerasan seperti itu tidak terulang lagi di kemudian hari. Meskipun permasalahan ekonomi yang menghimpit sebuah keluarga menjadi pemicu utamanya. Adanya bantuan ini diharapkan bisa membantu perekonomian serta menguatkan kapasitas keluarga mereka agar terhindar dari kekerasan rumah tangga. “Mudah-mudahan ini tidak terulang lagi kekerasan karena faktor ekonomi, semoga bantuan ini bisa menguatkan mereka,” tutupnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend