Rumah Yatim Bantu Renovasi MCK Kurang Layak Yayasan Darul Hayat

Kondisinya memprihatinkan hanya berdindingkan kain sarung dengan penyangga kayu rapuh. Dijadikan tempat tersebut untuk membersihkan diri dari lelahnya sejumlah kegiatan santri Yayasan Darul Hayat. Walaupun kurang layak, namun tetap digunakan, karena tidak ada tempat lain yang tersedia.

Berlokasi di Kampung Cambay, Desa Sukatani, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, yayasan yang didirikan oleh Bahrul tersebut membina puluhan santri muda. Kondisi sederhana dari yayasan tidak membuat para santri kendur dalam menimba ilmu. Terbukti lewat tangan dingin pendiri sekaligus ketua yayasan, para santri tumbuh menjadi remaja islami.

Menurut pemaparan relawan Rumah Yatim Regional Jabodetabek, Rusmanto, dirinya merasa sangat sedih saat melihat kondisi MCK yang digunakan para santri. Sangat sederhana bahkan jauh dari kata layak untuk digunakan. “Pernah juga ada kejadian salah satu santri yang hendak buang air terpeleset jatuh ke dalam kolam,” paparnya.

Memang, sambung dia, kolam tersebut menjadi satu-satunya fasilitas para santri untuk kegiatan MCK. Bahkan mirisnya, kondisi ini sudah berlangsung lama. Keadaan ekonomi dari yayasan membuat tidak ada perbaikan maupun pembangunan MCK menjadi lebih layak digunakan.

Melihat kondisi tersebut, Rumah Yatim memberikan bantuan pembangunan sarana MCK bagi Yayasan Darul Hayat. Sejumlah bahan baku pembangunan telah diberikan secara langsung kepada ketua yayasan. Harapannya, kata Rusmanto, bantuan yang diberikan lewat program sarana publik ini bisa bermanfaat untuk para santri.

“Secara fungsi dan penggunaan mudah-mudahan bisa membantu, dan mempermudah bagi para santri yang ada di sana,” ungkapnya.

 

Jurnalis: Calam Rahmat

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend