Rumah Yatim Berikan Bantuan Lanjutan untuk Capil dan Keluarga

Setelah sebelumnya memberikan bantuan berupa kaki palsu baru untuk Capil, Rumah Yatim kembali memberikan bantuan berupa bahan-bahan pokok dan bantuan tunai biaya hidup untuk Capil dan keluarga pada Sabtu (17/4) lalu.

Pada awal bulan Oktober 2020 lalu, Rumah Yatim mendampingi Capil untuk mengambil kaki palsu baru yang sudah diukur dan dipesankan seminggu sebelumnya di wilayah Jakarta Timur. Kini, Rumah Yatim kembali mengunjungi kediaman Capil untuk memberikan bantuan serta bersilaturahmi, mengecek kondisi kaki palsu Capil.

Ditemui di kediamannya di wilayah Kampung Babakan Waru, RT.01/RW.03, Desa Pabuaran, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, menurut relawan Rumah Yatim, Ali Ridwan, Capil kini telah terbiasa dengan kaki palsu barunya. Ia juga mengaku merasa sangat nyaman beraktivitas seperti sedia kala.

“Alhamdulillah tidak ada keluhan sama sekali dari Capil, ia bahkan merasa lebih nyaman dengan kaki palsu barunya ini”, terang Ali Ridwan.

Samin merupakan nama asli Capil, Capil sendiri merupakan nama panggilan yang sudah tersemat sejak kecil dari orang-orang terdekatnya. Capil tak seberuntung anak seusianya, ia harus kehilangan salah satu kakinya kala ia membantu sang ayah mencari kayu bakar di hutan.

Tanpa diduga, ada ular berbisa yang menggigit kaki kanan Capil, karena keterbatasan biaya, orang tua Capil hanya merawatnya secara sederhana. Kaki kanan Capil hanya diikat dengan seutas tali untuk dan diobati secara tradisional. Bukannya membaik, kaki Capil kian memburuk, bahkan mulai membusuk. Salah satu warga yang prihatin akan kondisi Capil pun membawanya kepada Kepala Desa untuk di rujuk ke rumah sakit.

Menurut rekomendasi dokter, kaki kanan Capil mesti diamputasi untuk menghindari penyebaran pembusukan karena bisa ular. Orang tua Capil pun tak bisa berbuat banyak. Sang ayah hanya seorang buruh tani dengan penghasilan pas-pasan, sedangkan sang ibu memiliki keterbatasan tuna wicara, dan mengabdikan dirinya sebagai ibu rumah tangga.

Bantuan bahan pokok dan biaya hidup yang disalurkan Rumah Yatim kali ini diharapkan dapat membantu keluarga Capil melengkapi kebutuhan harian juga menemani mereka melewati masa pandemi ini.

“Semoga bantuan ini membawa manfaat positif untuk keluarga Capil, juga membawa berkah untuk kita semua”, tutup Ali Ridwan.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend