Rumah Yatim Berikan Bantuan untuk Efendi, Lansia Penjual Pempek Keliling Asal Lampung

Selasa (16/2) kemarin, Rumah Yatim Cabang Lampung menyalurkan bantuan biaya hidup dan bantuan bahan pokok untuk Rustam Efendi (84) dan keluarga, di kediamannya Jalan Imam Bonjol 203, RT.02/RW.02, Kelurahan Gedong Air, Kecamatan Tanjung Karang Barat, Kota Bandar Lampung.

Efendi sendiri tinggal bersama istri dan anaknya. Di usianya yang sudah tidak lagi produktif, beliau masih harus berjuang untuk menafkahi keluarga kecilnya. Istri Efendi kini sudah tak muda lagi dan kerap kali sakit-sakitan, sedangkan anaknya mengalami gangguan jiwa pasca ditinggalkan oleh istri dan anaknya.

Sehari-harinya, Efendi berkeliling untuk menjajakan pempek yang ia ambil dari tetangganya. Setelah menyetorkan uang modal pempek kepada tetangganya, tersisa Rp.30.000 hingga Rp.50.000 untuknya.

Penghasilan beliau pun tak menentu, kadang pempek yang ia jual tidak laku, bahkan setelah beliau berkeliling hingga lebih dari 5 km. Pernah pula ia berkeliling menjual pempek hingga basi dan tak mendapat satupun pembeli.

“Kalau saya gak jualan ya anak istri nanti gak makan, jadi ya walau tidak seberapa harus tetap semangat demi keluarga”, tutur Kakek Efendi.

Dalam kesempatan kemarin, tim relawan Rumah Yatim Cabang Lampung menyampaikan bantuan berupa bahan pokok dan bantuan tunai biaya hidup untuk Efendi dan keluarga. Diharapkan bantuan ini dapat memberikan keringanan agar Efendi tidak terlalu memaksakan dirinya untuk berjualan pempek.

“Semoga ke depannya beliau dapat terus kita berikan bantuan. Semangat juangnya untuk menghidupi keluarga dapat juga kita jadikan contoh”, tutup Agus Kurnia, relawan Rumah Yatim yang ikut berkunjung ke kediaman Efendi.

Penulis: Alif Shafwan

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend