Rumah Yatim Buka Dapur Umum di Kabupaten Sambas, Bantu Masyarakat Terdampak Banjir

Banjir terus merendam permukiman warga di Dusun Senabah RT 011 RW 003, Desa Semanga, Kecamatan Sejangkung, Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat. Pada Sabtu (23/1), Rumah Yatim Cabang Pontianak membuka posko dapur umum bagi warga yang merasakan dampak banjir.

Menurut Kepala Cabang Rumah Yatim Pontianak, Abdurrohim mengatakan, dapur umum dibuat guna membantu warga dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. Mengingat, di tengah banjir seperti ini, mereka kesulitan untuk mencari makan.

“Akses jalan tertutup, mereka tidak bisa ke mana-mana, sehingga mereka kesulitan,” ungkapnya.

Adapun, tim masak memasak adalah relawan dan warga sekitar yang membantu secara bergotong royong. Nantinya, kata dia, makanan yang telah dimasak dibungkus lalu dibagikan ke rumah-rumah warga ataupun pengungsian.

Harapannya, ujar dia, dengan dibuatkannya dapur umum ini dapat meringankan beban mereka. “Ya setidaknya masyarakat jadi lebih mudah dalam memenuhi kebutuhan harian terutama mengolah dan mendapat makanan untuk keluarga tercinta,” tuturnya.

Ia juga berharap, masyarakat terdampak dapat tetap tegar dan sabar menghadapi musibah ini. “InsyaAllah ada hikmah, serta pembelajaran. Semoga banjir segera surut dan masyarakat dapat beraktivitas seperti sebelumnya,” pungkas Abdurrohim.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend