Rumah Yatim Buka Posko Bencana Bagi Korban Gempa dan Tsunami

Jumlah korban jiwa akibat gempa terus bertambah, korban yang terluka semakin banyak, pengungsian semakin sesak. Fasilitas kesehatan makin terbatas, masalah gempa masih jauh dari tuntas. Oleh karena itu, Rumah Yatim bekerjasama dengan relawan lainnya membuka posko bantuan bagi para korban gempa Palu, Sulawesi Tengah, Kamis (11/10).

Bertempat di Lapangan Golf Kampung Nelayan, Kelurahan Talise, Kecamatan Mantikulore, Kota Palu, Sulawesi Tengah, posko tersebut didirikan berada di tengah-tengah pengungsian para korban bencana. Pemilihan lokasi tersebut, kata Dadan selaku relawan Rumah Yatim, untuk memudahkan akses bantuan peduli bencana yang akan disalurkan ke ribuan korban bencana.

“Karena kita harus punya tempat droping barang untuk disalurkan ke tempat yang sangat membutuhkan. Oleh karena itu, posko ini letaknya bergabung dengan para pengungsi,” terangnya.

Saat ini, sambung dia, para korban yang selamat dari bencana mayoritas telah mengungsi ke wilayah pegunungan atau dataran tinggi. Oleh karena itu, pemilihan lokasi ini juga agar lebih dekat dengan pengungsi lainnya untuk merasakan pahit getirnya kehidupan yang dijalani korban di pengungsian. Menurutnya, lokasi yang berada di atas perbukitan ini relatif aman.

Selain itu, di pengungsian tersebut juga banyak korban bencana yang menjadi relawan. Hal itu karena tingginya rasa kemanusiaan yang ada untuk membantu saudara-saudaranya. Sehingga dalam hal ini, Rumah Yatim memiliki informasi terkait lokasi terparah akibat gempa dan tsunami karena para korban tersebut memiliki akses informasi.

Dadan berharap, posko bencana ini dapat diteruskan oleh relawan Rumah Yatim yang juga menjadi korban bencana untuk memudahkan akses dalam membantu saudara sesama yang ditimpa musibah. Agar lebih mudah diberikan sehingga dapat terorganisir dengan banyaknya koordinasi bersama tim relawan.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend