Rumah Yatim Distribusi Puluhan Bantuan di Dua Lokasi Bencana

Dua pekan berlalu, dampak gempa masih sangat dirasakan korban bencana. Penanganan dampak gempa masih jauh dari kata tuntas. Rumah Yatim kembali mendistribusikan bantuan kepada puluhan korban bencana di dua lokasi posko pengungsian Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, Sabtu (13/10). Bantuan tersebut setiap harinya disalurkan untuk bantu meringankan duka dan beban masyarakat yang hidup di pengungsian dengan segala keterbatasan yang ada.

Dua lokasi tersebut di antaranya, Desa Sibala Selatan RT/RW, 01/01 Kecamatan Tanambulava Kabupaten Sigi, dan Desa Kabobona RT/RW, 01/02 Kecamatan Dolo Kabupaten Sigi. Dadan selaku relawan Rumah Yatim menyebutkan, bantuan diberikan kepada 30 kepala keluarga di masing-masing desa.

“Masing-masing daerah 30 paket, jadi totalnya 60 paket bantuan sembako, paket MCK, air mineral, paket perlengkapan bayi, dan paket pakaian wanita,” ujarnya.

Menurutnya, Kabupaten Sigi merupakan salah satu daerah yang terparah akibat gempa. Banyak warga yang mengungsi ke wilayah dataran tinggi yang relatif aman. Banyak pula masyarakat yang melakukan urbanisasi ke wilayah lain. Sehingga hal ini sedikit menyulitkan tim relawan saat melakukan penyaluran ketika mendatangi pengungsian, hanya sedikit orang yang ada.

“Kondisi lapangan, akses jalannya cukup sulit dan banyak yang rusak. Pengungsinya banyak yang terpencar dan tidak di satu titik. Sehingga ini jadi kendala dan tantangan untuk kita,” ungkapnya.

Meski di wilayah tersebut sempat diguyur hujan deras, sambung dia, penyaluran bantuan harus tetap disampaikan ke tangan para korban, serta memastikan pendistribusian bantuan itu tepat saran.

Kedatangan tim Rumah Yatim pun disambut bahagia dan penuh suka cita oleh warga. Terlihat rona senang di wajah para korban. Ia berharap, bantuan ini walaupun tidak banyak, dapat mengobati rasa duka dan pilunya akibat kehilangan tempat tinggal dan sanak keluarganya,” tuturnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend