Rumah Yatim Tegal Terus Ajari Kemandirian Pada Anak Asuhnya

Selain membekali ilmu agama dan akademik, Rumah Yatim pun mengajari kemandirian pada anak asuhnya, seperti mencuci baju sendiri, masak, ngepel dan nyapu. Khusus anak asuh putra diajarkan untuk memperbaiki genteng, peralatan listrik, saluran air sampai perabotan rumah tangga.

Seperti di Rumah Yatim cabang Tegal, pengurus disana mengajari seluruh anak asuh mukim nya untuk memperbaiki setiap ada kerusakan di asrama. Dibimbing Jajang selaku kepala cabang, sekarang sebagian diantara mereka sudah bisa memperbaiki tanpa disuruh.

“Saya ajari mereka sesuai usianya, dan saya ajari mereka sesuai kemampuan saya saja,” ungkap Jajang.

Ia pun mengatakan jika beberapa hari yang lalu, dirinya mengajari anak asuh tingkat SD untuk memperbaiki kaki meja belajar yang sudah rusak.

“Kebetulan kaki meja belajar anak-anak banyak yang rusak, jadi sembari memperbaiki saya juga ajarin mereka. Saya suruh mereka memerhatikan ketika saya memperbaiki satu meja, setelah itu saya tugaskan mereka untuk mempraktekan apa yang tadi mereka perhatian.” Papar Jajang.

Kegiatan ini pun turut diawasi anak asuh tingkat SMP dan SMA yang lebih dulu diajari dan sekarang sudah bisa

“Alhamdulillah selain mengawasi, anak asuh tingkat SMP dan SMA turut membimbing adik asuhnya, sekarang anak asuh tingkat SD sudah bisa memperbaiki kaki meja belajar mereka, semoga kemampuan yang mereka miliki bisa terus dikembangkan dan bermanfaat untuk banyak orang,” tutup Jajang.

Sinta Guslia

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend