Safari Subuh, Cara Anak Asuh Rumah Yatim Aceh Makmurkan Masjid

Rumah Yatim Cabang Aceh rutin melibatkan anak asuhnya dalam kegiatan safari subuh. Kegiatan ini digelar setiap hari Minggu dengan tujuan untuk memakmurkan masjid di Banda Aceh dan menjalin silaturahmi dengan berbagai lapisan masyarakat Banda Aceh yang melakukan shalat subuh berjamaah.

Menurut kepala Asrama Rumah Yatim Aceh Sodikin, program ini digalakkan oleh Dinas Syariat Islam Banda Aceh, di mana berbagai dayah (balai pengajian) berikut masyarakat diajak untuk shalat subuh berjamaah di masjid yang telah ditentukan. Setiap minggunya, lokasi masjid berpindah-pindah. Sehingga disebutlah dengan ‘safari’.

Anak-anak Rumah Yatim yang mendapatkan kehormatan untuk mengikuti safari subuh selalu menyambut kegiatan ini dengan semangat. Setiap Minggu pagi, tepatnya sepuluh menit sebelum adzan subuh berkumandang, rombongan Rumah Yatim berangkat menuju masjid dengan menggunakan mobil berlogo Rumah Yatim.

“Di hari minggu kemarin, saya dan anak-anak melakukan safari subuh di Mesjid Al -Furqon Desa Beurawe Kec.Kuta Alam Kota Banda Aceh, seperti biasa mereka selalu bersemangat menyambut kegiatan ini,” ungkap Sodikin, Minggu (14/02).

Ia mengungkapkan, jika kegiatan ini diisi dengan shalat subuh berjamaah, ceramah agama dan berbagi informasi. Kadang sebelum anak-anak pulang, mereka di traktir sarapan pagi oleh salah satu jama’ah.

“Biasanya sepulang anak-anak safari subuh, saya selalu mengevaluasi mengenai materi yang mereka dapat. Saya melakukan ini agar tahu apakah mereka menyimak atau tidak, Alhamdulillah di setiap saya mengevaluasi, mereka selalu bisa menjelaskan kembali materi yang tadi disampaikan,” Tutup Sodikin.

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend