Sudah 8 Tahun Penyakit Keloid Menggerogoti, Asep Ingin Sembuh dan Sekolah Lagi

Sudah 8 Tahun Penyakit Keloid Menggerogoti, Asep Ingin Sembuh dan Sekolah Lagi

Sudah hampir delapan tahun, Asepullah Khumaeni menderita penyakit Keloid Scar atau sejenis penyakit yang menyebabkan tumbuhnya kulit di atas abnormal, sehingga tampak melebar dan menonjol. Penyakit tersebut sudah lama menggerogoti daun telinganya, dan kini sudah menjalar ke bagian wajah. Akibatnya, telinga sebelah kanan Asep sudah tidak berfungsi lagi.

Asep yang kini baru menginjak usia 15 tahun itu, seharusnya melanjutkan pendidikan ke jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA). Namun sayang karena keterbatasan ekonomi dan karena penyakitnya itulah terpaksa memilih untuk tidak melanjutkan sekolah.

Lebih jauh Jajang menceritakan, awalnya penyakit tersebut bermula ketika Asep mengeluhkan rasa sakit pada bagian daun telinga, dan muncul daging kecil. Tapi karena keterbatasan biaya, akhirnya dibiarkan. Namun semakin lama daging tersebut semakin membesar. Akhirnya orang tua Asep membawa dia ke Rumah Sakit dan dokter menyarankan untuk menjalani operasi di Surabaya.

“Sekarang sudah pernah 3x oprasi bedah plsstik karena dia punya BPJS jadi gratis. Tapi yg berat itu untuk opreasional dan biaya obatnya harus bayar,” imbuhnya.

Pada operasi ke tiga, kata Jajang, mereka sudah kehabisan uang lantaran harus membeli silikon dengan harga satu silikon sekitar Rp.1,3 juta dan dia membutuhkan 7 silikon. Kemudian pasca operasi dia harus di suntik, dengan biaya 1x suntik Rp.125 ribu, dan dia membutuhkan 10-15 kali suntikan.

“Karena paha sama perutnya sudah habis kulitnya diambilin untuk menambal bekas operasinya. Jadi yang ketiga karena sudah tidak ada yang diambil lagi jadi terpaksa harus membeli silikon,” terang Jajang.

Namun naas, meski sudah menjalani tiga kali operasi daging yang tumbuh di bagian daun telinga Asep semakin membesar dan kini sudah menjalar kebagian pipi. Kini Asep berharap dirinya mendapatkan bantuan untuk pengobatannya. Melihat kondisinya tersebut, Rumah Yatim Cabang Tegal menyambangi kediamannya di Desa Karangbandung RT 02 RW 06, Kecamatan Ketanggungan, Kabupaten Brebes dan memberinya bantuan beasiswa dhuafa, Kamis (18/6) kemarin.

 

 

 

Penulis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend