Tak Ada Masjid di Dusun Sureng, Rumah Yatim Bantu Bangun Masjid Sultan Mukhammad Khalef

Di Dusun Sureng, Kelurahan Purwodadi, Kecamatan Kapanewon Tepus, Kabupaten Gunungkidul, tak ada masjid untuk warga bisa beribadah bersama. Warga harus berjalan kaki beberapa kilometer untuk sampai di masjid terdekat.

Selain shalat berjamaah, warga juga harus menggotong orang yang meninggal jika ingin dishalatkan berjamaah di masjid. Hal itu membuat masyarakat akhirnya mengumpulkan iuran seikhlasnya untuk membangun masjid.

Namun, dana yang dikumpulkan belum cukup untuk membangun masjid yang akan dinamai Masjid Sultan Mukhammad Khalef itu. Oleh karenanya, Rumah Yatim menjadi mediator antara donatur dan pihak masjid.

“Alhamdulillah ada donatur Rumah Yatim yang memberi bantuan untuk menyelesaikan pembangunan masjid ini,” ujar Relawan Rumah Yatim Yogyakarta, Saefudin, pada Kamis (25/3).

Ia juga mengatakan, warga sekitar sangat merasa senang dengan adanya bantuan ini. Serta mereka sudah tidak sabar ingin segera menggunakan masjid untuk beribadah.

Diketahui, warga di sana pada umumnya bekerja sebagai petani, nelayan, dan pedagang kecil. “Dalam keadaan terbatas secara ekonomi pun mereka terus berusaha menyisihkan uang dari sedikit pendapatan yang mereka miliki, karena mereka ingin sekali punya masjid,” paparnya.

Saefudin berharap, melalui bantuan dari donatur Rumah Yatim ini bisa bermanfaat bagi masyarakat luas. Harapannya, pembangunan dapat berjalan lancar agar masjid segera rampung dan bisa segera digunakan oleh warga.

“Terima kasih banyak kepada para donatur Rumah Yatim yang telah menyisihkan sebagian hartanya untuk kepentingan umat, mudah-mudahan menjadi amal jariyah,” tutupnya.

Jurnalis: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend