Terdampak Pandemi, Puluhan Guru Honorer Terima Bantuan Sembako dari Rumah Yatim

Pandemi Covid-19 di hampir seluruh wilayah Indonesia berdampak pada berbagai sektor, mulai dari ekonomi hingga pendidikan. Bahkan, sektor pendidikan saat ini memberlakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) guna mengantisipasi paparan Covid-19.

Sayangnya, pemberlakuan PJJ di seluruh jenjang pendidikan justru membuat masyarakat berpenghasilan rendah semakin terjepit. Sebab selain memenuhi kebutuhan sehari-hari, mereka juga harus mengalokasikan dana lebih untuk membeli kuota.

Menyikapi persoalan tersebut, Rumah Yatim Cabang Yogyakarta pun berupaya meringankan beban ekonomi warga. Salah satunya dengan memberikan Sembako melalui program Bantuan Guru Honorer.

Program Bantuan Guru Honorer diberikan bagi sebanyak 38 mustahik yang ada di Dusun Plembutan Barat, Kelurahan Plembutan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta.

Para mustahik tersebut merupakan guru honorer yang mengajar di berbagai sekolah swasta, mulai dari jenjang Taman Kanak-kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan juga Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Kita ngasih dalam bentuk Sembako karena ya kondisinya mereka kan harus belajar online,” terang Relawan Rumah Yatim Cabang Yogyakarta, Sigit.

“Yang mana (mereka) justru banyak menghabiskan uangnya untuk beli kuota. Jadi mereka kekurangan untuk mencukupi kebutuhan makan sehari-hari nya,” jelas Sigit.

 

Jurnalis: Tanti Sugiharti

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend