Tiba di Posko Banjir Jayapura, Relawan Rumah Yatim Survei Kondisi Sentani

Kamis (21/3) sekitar pukul 16.30 WIT, relawan Rumah Yatim telah tiba di Kota Jayapura, Papua. Tim relawan langsung mendatangi Posko Banjir Bandang untuk memberikan bantuan. Setelah melakukan perjalanan udara hampir belasan jam, kemudian dilanjutkan dengan melakukan survei ke daerah Sentani menggunakan perahu di antar oleh dua relawan lainnya.

“Alhamdulillah kita sudah sampai, selanjutnya kita langsung survei ke daerah Sentani, kira-kira perjalanan 45 menit dari posko. Untuk tahapan pertama, saya survei melihat kondisi dari beberapa kendala di situ,” terang Deni, salah satu relawan Rumah Yatim.

Menurut informasi yang diperolehnya dari Kepala Suku wilayah setempat, banjir bandang ini baru pertama kalinya dirasakan oleh masyarakat Sentani. Luapan air setinggi empat meter merendam ratusan permukiman dan infrastruktur lainnya, termasuk sekolah. Air tersebut berasal dari luapan danau Sentani yang menampung sumber mata air dari gunung. Alih-alih tidak tertampung, maka meluap menghantam permukiman hingga mengakibatkan beberapa rumah roboh.

Hingga pantauan saat ini, permukiman di Sentani seperti danau luas tak berpenghuni. Terkait bantuan yang akan disalurkan tim relawan, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Babinsa setempat bahwa kebutuhan logistik seperti tenda sudah terpenuhi. Maka kebutuhan logistik lainnya diperkirakan masih sangat dibutuhkan.

“Insya Allah besok kita ke beberapa daerah yang memang terdampak dari longsor, kalau tadi kan dampaknya dari luapan banjir. Untuk kebutuhan bantuan kita akan assessment dulu apa saja kebutuhan yang urgent, baru kita belanja seharian,” pungkasnya.

 

Jurnalis: Dila Nurfadila

Redaktur: Anjar Martiana

About Author

Berita terkait

Leave a Comment

Open chat
Send this to a friend