Home / Rubrik / Berita

Ciri-Ciri Cacar Monyet Menyerang Anda

gambar-headline
Indonesia Post Views: 220

Sekarang ini sedang menjadi topik hangat mengenai cacar monyet, di mana cacar monyet ini merupakan penyakit yang bisa membahayakan yang harus kita waspadai. 

 

Cacar monyet yaitu penyakit zoonosis langka yang diakibatkan oleh infeksi virus monkeypox. Virus cacar monyet tergolong dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Genus Orthopoxvirus juga tergolong virus variola (penyebab cacar), virus vaccinia (digunakan dalam vaksin cacar), dan virus cacar sapi.

 

Seseorang dapat tertular virus cacar monyet pada saat seseorang tersebut bersentuhan dengan virus dari hewan yang terinfeksi orang yang terinfeksi bahkan bahan yang terkena kontaminasi virus. 

 

Virus juga mampu melewati plasenta dari ibu hamil ke janin, virus cacar monyet ini bisa menyebar melalui hewan ke manusia dengan gigitan atau cakaran hewan yang terinfeksi. 

 

Virus ini juga bisa menyebar melalui kontak langsung dengan cairan tubuh atau jika ada luka pada orang yang terinfeksi, atau dengan bahan yang sudah menyentuh cairan atau luka tubuh seperti pakaian. 

 

Cacar monyet ini juga bisa ditularkan oleh manusia ke manusia melalui kontak langsung dengan luka infeksi atau cairan tubuh penderitanya. 

 

Cacar monyet ini juga mampu menyebar melalui droplet pernafasan pada saat melakukan aktivitas kontak secara langsung dengan penderita secara berkepanjangan. 

 

Dilansir dari b2p2vrp.litbang.kemkes.go.id berikut ciri-ciri cacar monyet yang bisa menyerang kita dan perlu diwaspadai. Untuk manusia, gejala cacar monyet terlihat seperti gejala cacar air, akan tetapi lebih ringan. 

 

Gejalanya diawali dengan sakit demam, sakit kepala, nyeri otot, dan kelelahan. Perbedaan yang paling terlihat antara gejala cacar air dan cacar monyet ialah bahwa cacar monyet mengakibatkan pembengkakan pada kelenjar getah bening (limfadenopati), sedangkan cacar air tidak. Untuk masa inkubasi cacar monyet biasaya sekitar mulai 6 sampai 13 hari namun bisa juga 5 sampai 21 hari.

 

Berikut gejala dan ciri-ciri cacar monyet yang harus kita tahu. 

1. Sakit kepala

2. Demam akut >38,5oC

3. Limfadenopati (pembesaran kelenjar getah bening)

4. Nyeri otot/Myalgia

5. Sakit punggung

6. Asthenia (kelemahan tubuh)

7. Lesi cacar (benjolan berisi air ataupun nanah pada seluruh tubuh)

 

Dalam kurun waktu satu hingga tiga hari atau kadang-kadang lebih lama, sesudah merasakan demam, akan muncul ruam pada penderita, seringkali dimulai di bagian wajah lalu menyebar ke bagian tubuh yang lainnya. 

 

Cacar monyet ini biasanya akan dirasakan selama 2 sampai 4 Minggu. Bahkan di negara Afrika cacar monyet sudah terbukti dapat mengakibatkan kematian pada satu dari sepuluh orang yang terkena atau terinfeksi cacar monyet. 

 

Semoga kita selalu terhindar dan terjaga dari berbagai penyakit yang bisa membahayakan tubuh kita. Ayo kita selalu menjaga kesehatan dan selalu waspada terhadap gejala-gejala penyakit yang muncul. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

5 bulan yang lalu