Home / Rubrik / Berita

Meskipun Pahit, Ternyata Daun Pepaya Kaya Manfaat

gambar-headline
Bandung Post Views: 183

Kamu pernah makan olahan daun pepaya ? Rasanya pasti pahit kan ? Meski pahit, sejumlah orang tetap mengonsumsi daun ini karena ingin merasakan banyak manfaatnya. Ternyata jika diolah dengan dengan cara tertentu, rasa pahit dari daun pepaya bisa berkurang dan rasanya pun enak loh.

 

Mau tau manfaat dari daun Pepaya?

Sebelum tau manfaat daun pepaya, mending cari tau dulu kandungan gizi dalam daun pepaya yang melimpah 

 

Berikut kandungan yang ada di daun pepaya :

Vitamin A 18250 SI, Vitamin B1 0,15 miligram per 100 gram, Vitamin C 140 miligram per 100 gram daun pepaya, Kalori 79 kal per 100 gram, Protein 8,0 gram per 100 gram, Lemak 2,0 gram per 100 gram,

Hidrat arang/karbohidrat 11,9 gram per 100 gram, Kalsium 353 miligram per 100 gram, Air 75,4 gram per 100 gram, Carposide, Zat papain.

 

Memiliki kandungan gizi yang melimpah membuat daun pepaya punya banyak manfaat bagi kesehatan, berikut manfaatnya : 

 

1. Sifat Anti Kanker

Manfaat daun pepaya yang pertama adalah memiliki sifat anti kanker. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Ethnopharmacology, jus daun pepaya mengandung enzim tertentu yang mempunyai sifat melawan berbagai tumor kanker.

 

Enzim tersebut dapat mengurangi risiko kanker leher rahim, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru, dan kanker pankreas tanpa efek toksik pada tubuh. Dengan mengatur T-sel, ekstrak daun pepaya dapat meningkatkan respon sistem kekebalan terhadap berbagai macam kanker.

 

2. Menghambat Pertumbuhan Bakteri

Ekstrak daun pepaya juga mampu menghambat pertumbuhan bakteri. Hal ini bisa terjadi karena memiliki 50 bahan aktif termasuk senyawa karpain yang menghambat pertumbuhan mikroorganisme seperti jamur, cacing, parasit, bakteri, serta berbagai sel kanker.

 

3. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Daun pepaya secara alami mampu melakukan regenerasi sel darah putih dan trombosit. Daun pepaya mempunyai kandungan lebih dari 50 bahan termasuk vitamin A, C, dan E yang menunjang sistem kekebalan tubuh.

 

4. Anti Malaria

Daun pepaya juga memiliki sifat anti malaria. Maka dari itu, jus daun pepaya sering dimanfaatkan di berbagai belahan dunia sebagai profilaksis untuk mencegah malaria di daerah endemis tertentu.

 

5. Mengontrol Darah Tinggi

Pengobatan tradisional di Negara Meksiko sering memanfaatkan daun pepaya sebagai terapi alami untuk mengobati diabetes dan mengontrol darah tinggi. Daun pepaya memiliki kemampuan untuk melindungi sel penghasil insulin di pankreas dari kerusakan dan juga kematian dini.

 

6. Menunjang Pertumbuhan Rambut

Daun pepaya memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam proses penumbuhan rambut. Mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan bisa membantu mengurangi stres oksidatif dan menunjang pertumbuhan rambut.

 

7. Mencegah dan Mengobati Demam Berdarah

Penderita demam berdarah akan mengalami penurunan tingkat trombosit. Kandungan enzim papain yang terdapat dalam buah pepaya memiliki kemampuan trombosit sehingga daun pepaya banyak digunakan untuk perawatan pasien dengan penyakit demam berdarah.

 

8. Mengurangi Nyeri Haid

Informasi ini pasti sangat bermanfaat untuk para wanita. Mengonsumsi jus daun buah pepaya juga dapat mengurangi rasa sakit akibat haid karena terdapat senyawa yang bermanfaat untuk melancarkan keluarnya darah dari rahim.

 

9. Membantu Pencernaan

Enzim papain dalam daun pepaya juga mampu membantu dalam pencernaan protein dan berguna untuk mengobati gangguan pencernaan. Daun pepaya juga bisa membantu mencerna gluten protein gandum.

 

10. Mencegah Emfisema

Manfaat daun pepaya berikutnya adalah mampu membantu dalam pencegahan penyakit emfisema. Daun pepaya dapat membantu pencegahan terjadinya penyakit emfisema yang berhubungan dengan paru-paru.

 

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Daun pepaya memiliki kandungan yang mampu menjaga kulitmu untuk tetap bersih dan jernih, sifat antioksidan yang ada pada daun pepaya juga membantu dalam proses penuaan. Selain itu, ekstrak daun pepaya juga punya efek yang melembabkan dan bisa mencegah kulit kering.

 

12. Memiliki Efek Anti Inflamasi

Manfaat daun pepaya juga memiliki efek anti inflamasi yang mampu mengobati berbagai kondisi peradangan, seperti ruam kulit, nyeri otot, dan nyeri sendi. Kandungan papain dan vitamin E dalam daun pepaya yang memiliki efek anti inflamasi.

 

13. Baik Untuk Hati

Daun pepaya bisa membantu menghilangkan semua racun dan kotoran sehingga mampu bekerja sebagai pembersih alami. Membantu dalam detoksifikasi hati dan membantu menyembuhkan penyakit hati kronis, kanker hati, dan lain sebagainya.

 

14. Meningkatkan Trombosit

Penelitian mengungkapkan bahwa daun pepaya mempunyai efektivitas yang tinggi dalam meningkatkan jumlah trombosit secara cepat. Terutama untuk seseorang dengan kasus kekurangan vitamin, sedang kemoterapi, demam berdarah, dan berbagai kondisi lainnya.

 

15. Menjaga Kesehatan Mata

Manfaat daun pepaya yang terakhir adalah sebagai penjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan dalam daun pepaya bisa membantu mata untuk menyaring sinar biru dari gadget yang berbahaya untuk mata

 

 

Meskipun rasanya pahit, ternyata daun pepaya memiliki banyak sekali manfaatnya. Setelah baca artikel ini, mari kita coba rutinkan makan daun pepaya dengan cara diolah jadi tumisan, urap, gulai maupun di rebus untuk dijadikan lalapan, agar kita bisa merasakan banyak manfaatnya ...

 


Author

img-author

Sinta Guslia

6 bulan yang lalu