Home / Rubrik / Berita

Doa Saat Menempati Hunian Baru

gambar-headline
Bandung Post Views: 834

Islam mengajarkan umat-Nya untuk selalu berdoa dalam segala kegiatan, termasuk saat akan menempati hunian baru. Doa ini dimaksudkan agar rumah yang ditempati selalu diberi keberkahan serta keselamatan oleh Allah SWT sehingga hunian jadi tenang dan tenteram untuk ditinggali.  

 

Berikut Doa Ketika Menempati Hunian Baru :

 

اللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ خَيْرَ الْمَوْلَجِ وَخَيْرَ الْمَخْرَجِ بِسْمِ اللَّهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللَّهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللَّهِ رَبِّنَا تَوَكَّلْنَا

 

Latin: Allahumma innii as-asluka khairal mawlaji wa khairal makhraji bismillahi wa lajnaa wa bismillahi kharajnaa wa'alaallahi rabbanaa tawakkalnaa

 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu atas kebaikan rumah yang aku masuki dan kebaikan rumah yang aku tinggalkan. Dengan menyebut nama Allah aku masuk dan dengan menyebut nama Allah aku keluar dan kepada Allah, Tuhan kami, kami bertawakal." (HR. Abu Daud)

 

Doa memasuki rumah baru

مَا شَاء اللَّهُ لَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ

Latin: MasyaAllah laa quwwata illa billah

Artinya: "Semua kehendak Allah tidak ada daya dan upaya kecuali dengan izin Allah."

 

Doa masuk rumah

اَللهُمَّ اِنّىْ اَسْأَلُكَ خَيْرَالْمَوْلِجِ وَخَيْرَالْمَخْرَجِ بِسْمِ اللهِ وَلَجْنَا وَبِسْمِ اللهِ خَرَجْنَا وَعَلَى اللهِ رَبّنَا تَوَكَّلْنَا

Latin: Alloohumma inni as-aluka khoirol mauliji wa khoirol makhroji bimillaahi wa lajnaa wa bismillaahi khorojnaa wa'alallohi robbinaa tawakkalnaa

 

Artinya: "Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu baiknya tempat masuk dan baiknya tempat keluar dengan menyebut nama Allah kami masuk, dan dengan menyebut nama Allah kami keluar dan kepada Allah Tuhan kami, kami bertawakal."

 

Setelah membaca doa diatas, kamu bisa melanjutkan dengan doa berikut: 

1. Membaca surat Al-Baqarah

Hal ini juga sesuai dengan hadist Rasulullah: “Janganlah membuat rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan akan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surah al-Baqarah." (HR Muslim)

 

2. Selanjutnya membaca Al-Fatihah sebanyak 3 kali

3. Membaca surah Al-Mu’minun ayat 28-29 sebagai berikut:

 

Surat Al-Mu’minun Ayat 28

فَإِذَا ٱسْتَوَيْتَ أَنتَ وَمَن مَّعَكَ عَلَى ٱلْفُلْكِ فَقُلِ ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ ٱلَّذِى نَجَّىٰنَا مِنَ ٱلْقَوْمِ ٱلظَّٰلِمِينَ

 

Fa iżastawaita anta wa mam ma’aka ‘alal-fulki fa qulil-ḥamdu lillāhillażī najjānā minal-qaumiẓ-ẓālimīn

Artinya: Apabila kamu dan orang-orang yang bersamamu telah berada di atas bahtera itu, maka ucapkanlah: “Segala puji bagi Allah yang telah menyelamatkan kami dari orang-orang yang zalim”.

 

Surat Al-Mu’minun Ayat 29

وَقُل رَّبِّ أَنزِلْنِى مُنزَلًا مُّبَارَكًا وَأَنتَ خَيْرُ ٱلْمُنزِلِينَ

 

Wa qur rabbi anzilnī munzalam mubārakaw wa anta khairul-munzilīn

Artinya: Dan berdoalah: Ya Tuhanku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang memberi tempat”.

 

4. Membaca Surat Al-Ikhlas

Amalan lainnya juga bisa kamu gunakan sebagai doa menempati rumah baru adalah membaca surat Al-Ikhlas. Surat yang terdiri dari 4 ayat ini menegaskan pada konsep ketuhanan dan keesaan Allah. Kamu bisa membacanya sebanyak 3 kali bersama keluarga. Tujuannya melancarkan rezeki dan meluaskannya mengalir kepada para tetangga.

 

5. Membaca Surat Al-Falaq dan An-Naas

Selain membaca surat Al-Ikhlas, Kamu dan keluarga juga bisa membaca beberapa surat pendek lainnya. Seperti surat Al-Falaq yang terdiri dari 5 ayat dan surat An-Naas yang terdiri dari 6 ayat. Bacalah keduanya sebanyak 100 kali. Membaca kedua surat ini bersama-sama diyakini memberikan perlindungan pada mereka yang sedang membacanya.

 

6. Doa Menempati Rumah Baru 

Menurut Hadis Imam Muslim

Segala perlindungan Allah tertuang di dalam Hadis Imam Muslim yang bisa Kamu bacakan saat hendak memasuki rumah baru, sebagai berikut:

 

“A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”

 

Artinya: “Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari kejelekan apa saja yang Dia ciptakan.” (HR.Imam Muslim).

 

Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang singgah pada suatu tempat kemudian dia berdo’a, “A’uudzu Bi Kalimaatillahit Taamaati Min Syarri Maa Khalaq”, niscaya tidak akan ada yang membahayakannya hingga di pergi dari tempat itu.”


Author

img-author

Sinta Guslia

6 bulan yang lalu