Home / Rubrik / Berita

Sedekah Jum'at dan Sejuta Fadhilah di Dalamnya

gambar-headline
Indonesia Post Views: 225

Di agama Islam hari Jum'at merupakan hari yang mulia, sebab terdapat berbagai macam amalan baik yang dianjurkan dilaksanakan oleh umat Muslim pada hari Jum'at, seperti sedekah Jum'at. 

 

Sedekah Jum'at ialah sedekah yang dilakukan pada hari Jum'at yaitu dengan memberikan sesuatu kebaikan kepada orang lain yang membutuhkan, sedekah dilakukan harus dengan ikhlas dan tanpa adanya batas, mau seberapa pun jumlahnya. 

 

Sedekah Jum'at senantiasa akan memberi kebaikan dan keistimewaan bagi yang melaksanakannya, seperti Nabi Muhammad SAW pernah memberitahukan kepada umatnya untuk memperbanyak ibadah pada hari Jum'at. 

 

Banyak fadhilah yang diperoleh dari melakukan sedekah Jum'at bagi setiap muslim diantaranya ialah sebagai berikut. 

 

1. Memperoleh Karunia yang Besar

Keuntungan dari melakukan sedekah Jum'at ialah memperoleh karunia yang besar dari Allah SWT kepada orang yang terpilih. Karunia tersebut diberikan untuk orang yang rajin ibadah dan bersedekah. Untuk pahala yang diberikan oleh Allah SWT ialah 700 kali lipat besarnya. 

 

2. Memperoleh Syafaat di Hari Akhir

Bagi setiap muslim yang melaksanakan sedekah Jum'at bisa memperoleh pahala yang berlipat ganda, selain dari itu sedekah Jum'at dapat membantu menolong atau memberikan syafaat di hari akhir. Umat muslim sangat meyakini adanya hari kiamat atau hari akhir dan salah satu cara menghadapi hari akhir ialah memperbanyak amal dan perbuatan baik selama di dunia dengan melakukan sedekah dengan ikhlas untuk mengharapkan Ridho Allah SWT agar bisa menolong seorang muslim pada hari akhir nanti.

 

3. Pahalanya Sama dengan Bulan Ramadhan

Fadhilah dari sedekah Jum'at yang lainnya ialah mendapatkan pahala yang sama di bulan Ramadhan. Bulan Ramadhan adalah bulan suci untuk umat Islam yang merupakan waktu yang tepat untuk melakukan ibadah demi mendapatkan pahala yang berlipat ganda.

 

Setiap muslim yang melaksanakan ibadah di hari Jum'at, ia akan memperoleh pahala berlipat ganda seperti pada bulan Ramadhan. 

 

4. Mempererat Tali Silaturahmi

Sedekah Jum'at adalah suatu hal yang baik dilakukan sebagai sesama manusia, karena manusia merupakan makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dengan bersedekah kita bisa mempererat tali silaturahmi antar sesama manusia. 

 

Memberi sedekah Jum'at dapat dilaksanakan di masjid kepada saudara, teman atau kerabat ataupun orang lain yang membutuhkan. 

 

5. Menerapkan Sunnah Rasul

Sedekah Jum'at merupakan ajaran sunnah dari Rasulullah SAW, siapapun yang melaksanakan sunnah Nabi Muhammad SAW dapat memberi keberkahan dan kebaikan untuk orang-orang yang ikhlas melaksanakannya.

 

Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk melakukan sedekah di hari Jum'at, terlebih lagi pada siang hari dan malam hari selain dari itu umat muslim dianjurkan juga untuk melakukan ibadah shalat di hari Jum'at.

 

Itulah beberapa fadhilah bagi orang yang melakukan sedekah Jum'at. Kita juga dapat menggunakan layanan donasi online untuk bersedekah seperti di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi. 

 


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

7 bulan yang lalu