Home / Rubrik / Berita

Terpaksa Minum Air Tadahan Hujan untuk Bertahan Hidup, Mbah Sariyah Dapat Perhatian dari Rumah Yatim Jateng

gambar-headline
Jawa Tengah Post Views: 4

Sungguh pilu nasib yang harus dijalani Mbah Sariyah (77) diusia senjanya, mbah tinggal sebatang kara ditengah kondisi kaki lumpuh dan mengalami gangguan pendengaran karena faktor usia. 

Dulu sewaktu masih sehat, mbah bekerja sebagai buruh tani untuk menyambung hidup. Tapi sejak sakit stroke hingga lumpuh, mbah hanya bisa bergantung kepada belas kasihan tetangga dan warga sekitar. Aktivitas yang dikerjakan mbah pun dilakukan dengan cara ngesot karena mbah tidak memiliki kursi roda maupun tongkat.

 

Saat ini, Mbah Sariyah tinggal menumpang disebuah rumah sederhana milik orang lain di Desa Bongkok, Kecamatan Kramat, Kabupaten Tegal. Dulu rumah tersebut merupakan milik mbah, namun sudah dijual, beruntung pemilik rumah mengizinkan mbah tinggal disana selama mbah masih hidup. 

Sebenarnya mbah memiliki anak namun mereka sudah berumah tangga, semua anaknya tinggal jauh dari mbah dan kehidupan nya pun sama susahnya. Mbah tak ingin membebani anak-anaknya.

Karena hanya bisa menunggu belas kasihan tetangga, mbah sering sekali kelaparan dan tidak makan seharian. Mbah berharap kedepannya memiliki bahan makanan agar tidak perlu lagi bergantung pada pemberian orang lain.

 

Mengetahui kondisi tersebut, Rumah Yatim cabang Jawa Tengah memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai sebesar Rp. 20.000.000 untuk mbah Sariyah.

Bantuan tersebut berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id, diberikan untuk membantu memenuhi kebutuhan hidup mbah.

 

Menurut penuturan Saefudin, kepala cabang Rumah Yatim Jawa Tengah, bantuan diserahkan langsung kepada mbah Sariyah, didampingi langsung oleh pihak desa dan RT setempat. Insya Allah bantuan ini akan digunakan mbah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sepatu membeli sembako, perlengkapan mandi mencuci, obat-obatan dan kebutuhan lainnya. Adapun sisanya akan mbah tabung untuk membeli kebutuhan lainnya.

"Mbah Sariyah sangat senang sekali ketika menerima bantuan ini. Tidak hentinya beliau mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim dan para donatur yang telah membantunya. Mudah-mudahan bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat dan berkah untuk beliau, serta menjadi ladang pahala dan kebaikan untuk para donatur." tutur Saefudin.


Author

img-author

Sinta Guslia

1 minggu yang lalu