Home / Rubrik / Berita

Bantuan Sarana Umum Berhasil Disalurkan Rumah Yatim Jawa Barat Guna Dukung Fasilitas di Ponpes Darul Falah

gambar-headline
Kabupaten Bandung Barat Post Views: 7

Masih dalam momen indahnya bulan Ramadhan yang penuh berkah, Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Jawa Barat melaksanakan penyaluran program kemanusiaan bantuan sarana umum pada Rabu, (27/03/24).

 

Tim relawan Rumah Yatim Jawa Barat menyerahkan secara langsung bantuan sarana umum untuk Pondok Pesantren Darul Falah yang berlokasi di RT 02 RW 04, Desa Citalem, Kecamatan Cipongkor, Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.

 

Adapun jenis bantuan yang diberikan ialah berupa mesin pompa, hebel, besi, semen, pipa dll, untuk pengadaan fasilitas sarana air bersih di Pondok Pesantren Darul Falah.

 

Para santri di Pondok Pesantren Darul Falah harus merasakan kekeringan yang melanda wilayahnya di Desa Citalem. Sumber air yang berada di pondok mereka saat ini telah mengering karena kemarau yang terjadi dan terpaksa mereka harus mencari sumber air dengan menempuh jarak 500 meter itupun dengan kondisi air yang kurang layak.

 

Terdapat 60 santri di Ponpes Darul Falah ini, setiap hari harus berjuang hanya untuk memperoleh air bersih yang digunakan untuk berwudhu dan kebutuhan sehari-hari.

 

Seringkali mereka terjatuh karena kondisi jalan yang licin dan curam. Selain itu, perjalanan jauh untuk mengambil air membuat mereka sering kelelahan dan gatal-gatal.

 

60 anak santri ini tetap kuat dan semangat untuk belajar meskipun mereka menghadapi kesulitan. Tempat sumber air yang ada hanya sumur resapan air hujan, yang sama sama digunakan oleh masyarakat setempat. Musim kemarau membuat air semakin terbatas.

 

Selain masalah air, kondisi tempat tinggal para santri juga sudah tidak layak. Bahan bangunan ponpes ini sudah banyak yang lapuk. Akan tetapi, para santri terus bertahan karena pondok ini satu-satunya tempat mereka berlindung dan belajar. Para santri yang belajar di sini sama sekali tidak dikenakan biaya sepeserpun.

 

Pak Ustadz selaku pimpinan pondok, tidak membebankan biaya kepada santri dan bahkan mencoba menghasilkan uang dengan membuat keripik dan makanan lain untuk memenuhi kebutuhan Pondok. Ia berharap supaya para santri mempunyai air bersih dan tempat tinggal yang layak, serta fasilitas MCK yang layak digunakan.

 

Berkat bantuan sarana umum ini, para santri Pondok Pesantren Darul Falah sangat bahagia sekali dan terbantu karena sebentar lagi akan lebih mudah mendapatkan air bersih.

 

Mereka juga sangat berterima kasih kepada tim relawan Rumah Yatim Jawa Barat serta kepada para donatur yang telah menyumbangkan sebagian rezekinya melalui program ini. 

 

Nabi Muhammad SAW juga menjelaskan tentang kemuliaan berbagi dalam hadist berikut ini.

 

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ

 

مَا مِنْ يَوْمٍ يُصْبِحُ الْعِبَادُ فِيهِ إِلَّا مَلَكَانِ يَنْزِلَانِ فَيَقُولُ أَحَدُهُمَا اللَّهُمَّ أَعْطِ مُنْفِقًا خَلَفًا وَيَقُولُ الْآخَرُ اللَّهُمَّ أَعْطِ مُمْسِكًا تَلَفًا

 

Artinya:

 

Dari Abu Hurairah ra, bahwa Nabi Muhammad SAW bersabda: "Tidak ada suatu hari pun ketika seorang hamba melewati paginya kecuali akan datang dua malaikat kepadanya dan salah satunya berkata; "Ya Allah berikanlah pengganti bagi siapa yang menafkahkan hartanya", sedangkan yang satunya lagi berkata; "Ya Allah berikanlah kehancuran (kebinasaan) kepada orang yang menahan hartanya (bakhil)". (HR. Bukhari - No. 1442 Fathul Bari) Shahih.

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi para santri Pondok Pesantren Darul Falah dan juga menjadikan amal jariyah bagi para donatur yang telah berpartisipasi dalam program ini. 

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

4 minggu yang lalu