Home / Rubrik / Berita

Kakek Rasyid Pencari Rongsok Asal Paya Pasir Bersyukur Dapatkan Bantuan Biaya Hidup dari Rumah Yatim Sumatera Utara

gambar-headline
Sumatera Utara Post Views: 4

Pada Kamis, (18/04/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara telah berhasil melakukan penyaluran program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk kakek Abdul Rasyid sebagai penerima manfaat. 

 

Tim Rumah Yatim Sumatera Utara mengunjungi kediaman Kakek Rasyid yang berlamat di Gg. Kambing, Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, Sumatera Utara sekaligus untuk menyerahkan bantuan biaya hidup.

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Dengan jenis bantuan yang diberikan ialah uang tunai guna memenuhi kebutuhan kakek. 

 

Kakek Rasyid (70) rela mencari rongsok setiap hari demi menyambung hidupnya.

 

Semua itu dilakukan kakek untuk mencari uang demi anaknya yang mengalami keterbelakangan mental.

 

Awalnya kakek bekerja menjadi tukang becak, akan tetapi becaknya rusak dan kakek tidak sanggup untuk memperbaiki kerusakan becaknya. Saat ini kakek hanya menjadi pencari rongsok.

 

Mulai dari pagi sampai siang, sambil membawa karung kakek berjalan ditemani anaknya dengan harapan ada barang rongsokan yang dapat kakek ambil.

 

Dalam satu hari biasanya kakek mampu mengumpulkan barang bekas paling banyak 20 kg dan paling sedikit 5 kg yang langsung dijual ke penampungan barang bekas dengan harga jual perkilo hanya 1000 rupiah saja.

 

Dari hasil jual rongsokannya itu, kakek langsung belikan beras untuk makan di rumah.

 

“Kakek mencari barang bekas langsung kakek jual, gak kakek kumpulkan dulu, kalau kakek kumpulkan dulu barang bekasnya mau makan apa kakek sama anak, kakek jual hari ini, ya uangnya untuk hari ini juga, kalau untuk besok ya besok cari lagi” ujar kakek.

 

Sekarang kakek dan anaknya tinggal di sebuah rumah sederhana miliknya.

 

Berkat diberikannya bantuan biaya hidup ini Kakek Rasyid dan keluarganya sangatlah terbantu, tak lupa Kakek juga berterimakasih kepada tim Rumah Yatim Sumatera Utara dan kepada para pejuang kebaikan.

 

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada relawan Rumah Yatim dan donatur yang telah membantu saya, semoga selalu diberi kesehatan, dan keberkahan rezeki," ujar kek Abdul Rasyid kepada relawan.

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat bagi Kek Abdul Rasyid dan keluarganya, Aamiin.

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 minggu yang lalu