Home / Rubrik / Berita

Penghasilan Hanya 5 Ribu dan Sering Kena Tipu, Kakek Sakodi Penjual Tanaman Keliling di Tegal Dapat Bantuan Rumah Yatim

gambar-headline
Jawa Tengah Post Views: 6

Rumah Yatim cabang Jawa Tengah memberikan bantuan biaya hidup berupa uang tunai sebesar Rp. 40.000.000; kepada Kakek Sakodi (77), warga Dukuhmalang, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal.

Bantuan tersebut berasal dari aksi penggalangan dana Rumah Yatim secara daring di platform donasionline.id , diberikan untuk meringankan beban dan membantu memenuhi kebutuhan hidup kakek Sakodi dan istrinya.

 

"Alhamdulillah kakek senang sekali bisa menerima bantuan sebanyak ini. Baru kali ini kakek megang uang banyak, kakek gemetaran. Alhamdulillah ya Allah sudah menitipkan rezeki untuk kakek melalui Rumah Yatim dan para donatur. Semoga para donatur sehat terus, lancar rezeki dan semua urusannya," ucap kakek Sakodi.

Lebih lanjut, kakek Sakodi mengatakan akan menggunakan bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, modal usaha, biaya berobat istrinya yang sedang sakit Tumor dan jika ada sisa akan ditabung untuk memenuhi kebutuhan lain.

 

Diketahui, kakek Sakodi sehari-harinya bekerja sebagai penjual tanaman keliling milik orang lain. Penghasilan yang didapat kakek setiap harinya tidak menentu, namun seringnya hanya 5 ribu rupiah. "Dari satu buah tanaman yang dijual, kakek mengambil keuntungan 5 ribu rupiah. Seharian keliling seringnya hanya ada satu pembeli aja," ungkap Saefudin, kepala cabang Rumah Yatim Jawa Tengah.

 

Selain kesulitan mendapat pelanggan, kakek pun sering sekali kena tipu, pernah ia dibayar pakai uang mainan oleh salah satu pelanggannya. Pernah juga ia kena hipnotis sehingga uang dagangannya diambil semua. Jika hal tersebut terjadi, kakek hanya bisa menangis pulang dan tidak makan seharian dikarenakan tidak mampu beli beras. 

"Kakek dan istrinya sering sekali tidak makan seharian karena uangnya belum cukup bahkan tidak ada untuk membeli beras. Jika ada beras pun mereka hanya bisa makan dengan nasi saja, mereka sangat jarang bisa makan dengan lauk pauk," ungkapnya.

 

Menurut Saefudin, kakek Sakodi sangat layak dibantu dan sangat layak menerima bantuan ini. Ia berharap bantuan ini bisa memberikan banyak manfaat dan berkah untuk kakek Sakodi dan istrinya, serta menjadi pahala, kebaikan dan berkah untuk para donatur yang telah membantu kakek Sakodi melalui Rumah Yatim.


Author

img-author

Sinta Guslia

1 minggu yang lalu