Home / Rubrik / Berita

Bantuan Biaya Hidup dari Rumah Yatim Sumatera Utara Bahagiakan Raka Bocah Yatim Penjual Es di Nelayan Indah

gambar-headline
Sumatera Utara Post Views: 5

Pada Jum'at, (19/04/24) Lembaga Amil Zakat Nasional Rumah Yatim Sumatera Utara berhasil menyalurkan program kemanusiaan bantuan biaya hidup untuk Raka sebagai penerima manfaat.

 

Penyaluran yang diberikan merupakan hasil pengumpulan dana di portal crowdfunding milik Rumah Yatim, donasionline.id.

 

Tim relawan Rumah Yatim Sumatera Utara memberikan secara langsung bantuan tersebut di kediamannya yang berlokasi di Lingkungan II Blok A, Kel. Nelayan Indah, Kec. Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara.

 

Dengan jenis bantuan yang diberikan adalah berupa beras, minyak, kecap, susu, saos, sabun, mi instan, teh, roti, sikat gigi, pasta gigi dan uang tunai yang akan digunakan untuk kebutuhan sekolah dan kebutuhan sehari hari Raka.

 

Raka adalah bocah yatim berkebutuhan khusus yang berusia 10 tahun yang harus banting tulang bekerja demi membantu ibunya.

 

Ayahnya telah meninggal dunia sejak ia masih berusia lima bulan. Sekarang ia tinggal hanya berdua dengan ibunya di kontrakan sederhana.

 

Setiap hari ia berkeliling jualan es milik tetangganya. Dengan keterbatasan yang dimiliki, Raka tetap semangat berjuang agar bisa makan dan melanjutkan sekolah.

 

Mulai dari siang sampai sore hari, ia keliling sejauh 3 km menjajakan dagangana es nya. Biasanya Raka membawa 30 batang es lilin. Harga per satu buah es hanya 500 rupiah saja. Apabila semua es laku terjual, Raka akan memperoleh upah 10 ribu, namun jika tidak habis, ia akan mendapatkan upah 3 ribu saja.

 

Upah yang tidak banyak itu harus ia berikan kepada ibunya untuk membeli beras. Hamiza (40) hanya sebagai pencari rongsokan yang mendapatkan uang 50 ribu per minggu.

 

Raka sangat bahagia dan bersyukur bisa mendapat bantuan biaya hidup dari Rumah Yatim Sumatera Utara, akhirnya ia dan ibunya bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

 

"Saya mengucapkan terima kasih kepada Rumah Yatim dan donatur yang telah membantu saya, semoga selalu diberi keberkahan rezeki," ujar Raka.

 

Semoga bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk Raka dan keluarganya, Aamiin.

 

Ayo kita selalu dukung aksi kebaikan para relawan dan juga program-program yang ada di Rumah Yatim dengan memberikan infaq, sodaqoh serta tunaikan zakat di rumah-yatim.org silahkan klik tombol donasi.


Author

img-author

Ridho Nur Hidayatulloh

1 minggu yang lalu